6 Kasus Kartun Nabi Yang Pernah Bikin Heboh Dunia


koran

[ads1]Palingseru.com – Baru – baru ini kabar berita internet di hebohkan dengan kasus kartun Nabi yang dilakukan oleh Asosiasi Guru Agama di Denmark dengan keterangan ingin memasukkan kartun Nabi Muhammad ke dalam buku teks sekolah. Namun, Kementerian Pendidikan Denmark menyatakan saat ini pengajaran dengan kartun Nabi Muhammad itu belum wajib tapi banyak sekolah memilih menyampaikan topik itu saat pelajaran sejarah atau studi sosial.

Lantas bagaimana kisah kasus kartun  Nabi yang pernah bikin heboh dunia itu. Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 6 kasus kartun Nabi yang bikin heboh dunia.

 1. Koran Denmark Jylland posten terbitkan kartun nabi

Kasus kartun Nabi yang pernah bikin heboh dunia ini dengan hadirnya surat kabar dari Denmark dengan memperlihatkan berita kartun Nabi Muhammad SAW dalam wujud kartun 12 edisi. Surat kabar ini mengundang reaksi keras umat Islam yang pada saat itu dimuat di harian itu pada 2005.

2. Majalah satir Prancis Charlie Hebdo diserang karena terbitkan kartun nabi

Kasus kartun Nabi yang mengehebohkan dunia juga dengan meunculnya majalah satir Prancis, Charlie Hebdo pada 2012. Majalah tersebut memperlihatkan serangkaian gambar kartun Nabi yang muncul di halaman dalam mingguan yang terbit saban Rabu ini. Hadrinya majalah tersebut memang masih dalam tahap rencana, namun diketahui rencana itu langsung mengundang reaksi dari sejumlah tokoh politik dan agama.

3. Pakai kaos kartun nabi, menteri Italia mundur

Kasus Kartu Nabi juga terkait dengan adanya Menteri Pembaruan Italia Roberto Calderoli, yang mengenakan kaos oblong bergambar kartun Nabi Muhammad pada tahun 2006 yang lalu. Kasus ini membuat dirinya mengundurkan diri dari jabatannya akibat kaos yang digunakannya itu memicu unjuk rasa berdarah di Libya.

4. Kartun Nabi Tela**ang di Facebook gegerkan Tunisia

Kali ini kasus kartun Nabi yang menghilangkan dunia ini juga dengan adanya postingan kartun nabi tela**ang di facebook yang kabarnya dilakukan oleh dua remaja Tunisia . Kedua remaja itupun kini menjalani hukuman yang dijatuhkan oleh jaksa penuntut di pengadilan Kota Mahdia. Dua pemuda itu bernama Jabeur Mejri dan Ghazi Beji, baru saja lulus dari bangku sekolah menengah yang kini berada dalam tahanan Kepolisian Kota Mahdia.

5. Pajang Kartun Nabi Muhammad , Polisi tangkap Redaktur koran India

Polisi menangkap redaktur perempuan edisi Mumbai bernama Shirin Dalvi dari koran Avadhnama di Kota Mumbra, Distrik Thane lantaran mereka sengaja pajang kartun Nabi Muhammad. Perbuatan mereka itu melukai perasaan keagamaan.

6. Majalah Spanyol Muat Kartun Hina Nabi

Kasus Kartun Majalah nabi yang bikin heboh dunia juga diketahui dengan beredarnya majalah politik satir asal Spanyol El Jueves mempublikasikan kartun Nabi Muhammad SAW pada bagian sampulnya.

Nah, itulah dia kelima kasus kartun Nabi yang bikin heboh dunia.


Like it? Share with your friends!