7 Kakek Nenek yang Terjerat Kasus Hukum Karena Masalah Sepele


1

Palingseru.com – Tak hanya anak muda saja yang bisa terjerat hukum karena melakukan kesalahan, kakek nenek yang sudah berusia senja pun juga bisa terjerat hukum karena kasus yang sangat sepele.

Beberapa waktu lalu mungkin kita mendengar kabar dari seorang nenek yang bernama Asyani alias Buk Muaris di Situbondo, Jawa Timur, yang harus berurusan dengan meja hijau karena masalah yang sepele.

Namun, tak hanya nenek Asyani saja, ada beberapa nenek lainnta yang jufa terjerat kasus hukum karena masalah yang sangat sepele, seperti dituduh mencuri piring, dituduh mencuri sup dan masih banyak lagi.

1. Nenek Artija

Kisah nenek Artija ini sangat mengharukan karena nenek Artija di laporkan ke polisi oleh anaknya sendiri yang bernama Manisah atau tuduhan telah mencuri 4 batang pohon. Padahal batang pohon tersebut ditanam sendiri oleh nenek Artija diperkarangan rumahnya.

Dalam persidangan, nenek Artija yang sudah berusia 70 tahun ini terus-terusan menangis karena ketakutan, bahkan nenek Artija sampai memohon kepada hakim untuk menghentikan persidangan tersebut. Untunglah kasus ini dapat diselesaikan dengan segera karena adanya kesepakatan antara Artija dengan Manisah.

2. Kakek dan Batang Bambu

Pasangan kakek Anjo Lasim (70) dan nenek Jamilu Nani (75), warga Desa Tenggela, Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontalo juga harus berurusan dengan  hukum karena dituduh telah mencuri 6 batang bambu di lahan perkebunan bekas milik mereka.

Mereka tak menyangka jika penebangan bambu tersebut bisa berakhir ke meja hijau, padahal dalam kesepakatan jual beli tanah tersebut, bambu itu tidak ada sangkut pautnya. Kakek nenek itu pun dituntut 3 bulan penjara.

3. Kakek dan Pohon Mangrove

Hanya gara-gara menebang pohon Mangrove, kakek ini harus dipenjara selama 2 tahun serta denda Rp 2 miliar atau subsider 1 bulan kurungan. Awalnya kakek ini membutuhkan kayu untuk bahan bakar dirumahnya, tanpa sadar ia memotng pohon mangrove yang ternyata merupakan perbuatan melanggar hukum.

4. Nenek dan 3 Kakao

Seorang nenek yang bernama Minah warga Banyumas, Jawa Tengah, di dakwa mencuri 3 buah kakao atau  cokelat dari perkebunan milik perusahaan PT Rumpun Sari Antan pada 2009 lalu, dengan niat untuk menjadikannya sebagai benih. Namun, PT Rumpun Sari Antan ini pun marah dan melaporkan nenek Minah ke polisi hingga akhirnya nenek Minah dijatuhkan hukuman satu bulan  dengan masa percobaan tanpa di sel.

5. Nenek dan Sup Buntut

Nenek yang berusia 60 tahun bernama Rasminah ini  harus mendekam di penjara karena dituduh oleh majikannya mencuri sup buntut dan juga 6  buah piring. Nenek ini pun dikattakan bersalah dan dipenjara selama 4 bulan 10 hari.

6. Nenek Asyani dan Kayu Jati

Nenek Asyani ini dituduh mencuri 7 batang kayu jati diperkebunannya sendiri sehingga dirinya dijerat hukuman penjara. Pihak polisi menganggap bahwa nenek Asyani ini bersalah karena telah melakukan tindakan pidana dan harus dipidanakan.

7. Mbah Harso

Kakek 67 tahun yang bernama Harso Taruno ini  juga dilaporkan ke polisi karena dituduh menebang pohon di kawasan Hutan Suaka Margasatwa Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Paliyan, Gunungkidul, DIY.

Mbah Harso dituduh merusak hutan dan melawan hukum, sehingga ia dituntut 2 bulan penjara serta denda sebesar Rp 400 ribu subsider 1 bulan penjara.

Nah, itulah dia ke tujuh kakek nenek yang di hukum karena masalah yang sepele.

 


Like it? Share with your friends!