10 Cara Ampuh Hilangkan Insomnia


Insomnia
Sulit Tidur

10 Cara Ampuh Hilangkan Insomnia – APA  yang Anda lakukan saat tak kunjung terlelap?

Menonton TV, ngemil, atau hanya berguling-guling di tempat tidur, berharap semoga cepat mengantuk?

Mengidap insomnia memang menyiksa, terlebih bagi Anda yang memiliki aktivitas segudang.

Untuk mengenyahkan gangguan yang satu ini, berikut beberapa tips yang dapat Anda coba.

1.    Jangan memaksakan diri. Tidurlah saat Anda mengantuk. Jika belum, hindari memaksakan diri Anda untuk terlelap.

2.    Tidur cukup. Tidak kurang dan tidak lebih. Kurang tidur maupun terlalu banyak tidur sama-sama membuat tubuh kurang bertenaga di pagi hari.

3.    Jadikan kebiasaan. Cobalah untuk bangun di jam yang sama setiap harinya, termasuk di akhir pekan.

4.    Rutin berolahraga. Aerobik 4-6 jam sebelum tidur mampu melancarkan peredaran darah dan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Berolahragalah hanya pada 4-6 jam sebelum tidur. Lebih dari itu, tidak akan berpengaruh pada kualitas tidur, sedangkan olahraga di bawah 4 jam sebelum tidur dapat menyebabkan susah tidur karena suhu tubuh masih terasa panas.

5.    Say no to caffeine. Hindari produk berkafein 6 jam sebelum tidur. Perlu diingat, kafein tak hanya terkandung dalam kopi, tapi juga teh, cola, cokelat, dan rokok.

6.    Tidur di ruangan bersuhu dingin. Sebaliknya, ruangan bersuhu hangat dapat menyebabkan sulit tidur karena tubuh menjadi gelisah menahan gerah.

7.    Ngemil tengah malam. Rasa lapar dapat mengganggu tidur Anda. Ngemil makanan ringan menjelang tidur, boleh-boleh saja. Asalkan tidak makan dengan porsi besar. Makan besar sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan.

8.    Hindari ketergantungan pada obat tidur. Terlalu sering mengonsumsi obat tidur dapat membuat Anda ketergantungan. Lama-kelamaan khasiatnya justru tidak akan terasa.

9.    Hindari tidur siang. Tidur di siang hari membuat Anda sulit mengantuk di malam harinya.

10.    Bangkit dari tempat tidur. Jika Anda sulit tidur, hindari berlama-lama berbaring di tempat tidur. Bangunlah dan lakukan sesuatu yang dapat membuat tubuh Anda rileks, hingga akhirnya siap untuk tidur.

baca juga: 10 Jenis Gangguan Mental Yang Paling Kontroversial


Like it? Share with your friends!