Ternyata Minum Air Pakai Es Batu Bisa Bikin Kamu Kencing Berdarah


images

[ads1]Palingseru.com – Minum air pakai es batu memang menjadi salah satu pilihan yang mengerakan dahaga dikala panas terik matahari. Namun , ketika kamu ingin minum air menggunakan es batu ini perlu hati – hati apalagi jika es batu nya dibeli dipnggiran jalan , maka belum dijamin higienis. Sejumlah laporan mengungkapkan jika ternyata minum air pakai es batu ini bisa bikin kamu kencing berdarah.

Mau tahu kenapa ? sebab minum air dicampur es batu ini memang segar rasanya namun efeknya lebih berisko terhadap kesehatan kamu. Kamu bisa mengalami kenicng berdarah itu bisa terjadi ketika es batu mengandung bakteri Enterohaemorrhagic Escherichia coli menyebabkan penyakit.

Dr.dr.Agustin Kusumayati, M.Sc, seorang Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, mengatakan jika bakteri tersebut bisa menyebabkan pendarahan dan bisa menyebabkan gagal ginjal.

“E.coli jenis ini bisa menyebabkan pendarahan saat buang air besar dan air kecil karena hemolisis. Bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal,” ungkapnya.

Dr.dr.Agustin Kusumayati, M.Sc ini juga mengatakan jika es batu yang dimaksud itu kebersihan tidak terjamin dan telah terkontaminasi dengan bakteri sehingga sangat beresiko bila dikonsumsi yang pada akhirnya bisa menyebaban infeksi. Bahkan bakteri yang ada di dalam es batu itu tetap saja masih hidup walaupun sudah dicuci bersih sekalipun. Ini disebabkan karena akteri tidak akan mati dalam suhu dingin di freezer , sebab bakteri itu akan lebih mudah berkembang di suhu dingin.

Untuk itu, buat kamu yang tak ingin kesehatan terganggu akibat mengonsumsi air pakai es batu ini kamu dapat mengalihkannya dengan menyimpan minuman did alam botol lalu di simpan di dalam kulkas. Ini akan lebih sehat dibandingkan kamu minum air pakai es batu.

More From: Sehat