Kenapa Gerhana Bulan Total Ada Yang Berwarna Merah? Ternyata Ini Penyebabnya


ini-alasan-gerhana-bulan-total-berwarna-merah

Palingseru.com – Kenapa saat gerhana bulan total akan memunculkan warna merah ? Ternyata ini disebabkan oleh polusi diwilayah tersebut. Hal ini dikatakan oleh Panitia Planetarium Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Cecep Nurwendaya.

Ia mengatakan bahwa saat terjadi bulan gerhana total, bulan akan memancarkan warna merah. Ia juga menjelaskan bahwa semakin banyak warna merah yang dipancarkan oleh bulan, maka menunjukan semakin buruknya polusi di wilayah tersebut.

“Hubungan gerhana bulan total dengan polusi ini menarik ya. Ternyata semakin serius indikasi polusi udara di suatu tempat itu akan ditandai semakin merahnya tanda warna bulan pada saat kita melihat gerhana bulan total,” ujar Cecep.

Cecep juga merasa aneh dengan orang-orang yang takjub ketika melihat warna merah pada saat gerhana bulan. Padahal itu menunjukan jika polusi udara yang buruk di wilayah tersebut.

“Jadi kita jangan bangga kalau di kota besar melihat ‘wah warnanya menarik sekali merah sekali. Ya kita sedih, itu menunjukkan bahwa ada masalah dengan polusi kita,” ucapnya.

Menurut Cecep warna merah itu terjadi juga dikarenakan bumi kita memiliki atmosfer yang membiaskan sinar matahari dan kemudian lebih banyak warna biru refraksikan dibiaskan maka yang meneruskan ke bulan itu lebih banyak warna merah.

Jadi, kamu jangan bangga jika melihat gerhana bulan yang berwarna merah, karena itu merupakan pertanda wilayah tempat kamu tinggal memiliki tingkat polusi yang tinggi.

 


Like it? Share with your friends!