5 Operasi Pasukan Khusus Elit Dunia Yang Gagal Total


kisah-kisah-operasi-khusus-pasukan-elite-dunia-yang-gagal

Palingseru.com – Pasukan elite merupakan salah satu yang sangat diperhitungkan dalam medan perang disepanjang sejarah. Pasukan ini menjalankan misi-misi di luar tentara yang terbilang sangat sulit bahkan sangat tak biasa.

Pasukan elite ini sangat dianggap penting bahkan hingga di zaman yang modern ini, karena setiap kali misi yang dijalaninya berhasil berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Tak heran jika banyak negara yang menggunakan pasukan elit untuk melakukan berbagai operasi pertempuran, seperti pembebesan sandera.

Namun, harus kamu ketahui bahwa tidak semua misi pasukan elit berjalan dengan lancar. Ada beberapa operasi pasukan elite yang gagal dalam menjalankan misi mereka.

Seperti ke empat kisah operasi pasukan elite yang gagal total. Mau tau seperti apa kisahnya ? Yuk, langsung saja kita simak ulasanya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Operasi pembebasan sandera di Iran

Revolusi Iran yang dipimpin oleh Ruhollah Moosavi Khomeini berhasil menjatuhkan pemerintahan Shah. Hal ini menyebabkan kerusuhan besar-besaran di negara tersebut, danĀ  serangan rakyat membuat 52 warga AS terjebak dan dijadikan sandera oleh rakyat Iran, yang berlangsung selama 444 hari.

Kemudian, pasukan elite melakukan operasi untuk membebaskan satu per satu sandera tersebut. Namun saat ingin melepaskan sanderaan ke sekian kalinya, misi mereka gagal total karena tidak memperhitungkan masalah cuaca sebelumnya.

2. Operasi ular gothic di Somalia

Operasi Ular Gothic merupakan operasi yang digelar khusus untuk menangkap pemimpin pemberontak Mohamed Farrah Aidid. Operasi ini digelar pada Oktober 1993, dimana melibatkan sejumlah pasukan elite AS, yakni Resimen Ranger, Delta Forces dan Navy Seal. Namun, sebuah bencana terjadi, Prajurit Todd Blackburn terjatuh dari heli pada ketinggian 70 kaki.

Di saat bersamaan, dua pemimpin pemberontakan Somalia berhasil diciduk bersama sejumlah orang lainnya. Untuk keluar dari sana perlu perjuangan keras karena Somalia mengerahkan wanita dan anak-anak untuk mengepung pasukan elite di tengah kota. Akhirnya operasi ini berubah menjadi aksi penyelamatan dari seluruh pasukan.

3. Operasi pembebasan James Foley dari ISIS

Operasi selanjutnya yang mengalami kegagalan adalah operasi pembebasan James Foley dari ISIS. Pemerintah AS, sempat mengerahkan pasukan elite untuk menyelamatkan tawanan dari ISIS, namu operasi penyelamatan tersebu tidak berjalan dengan lancar karena pasukan elite salah tempat mengenai informasi tempat tahanan James Foley . ALhasil pasukan elite pulang dengan tangan kosong.

4. Pembebasan sandera di Rusia

Penduduk Rusia banyak sekali yang menjadi tawanan oleh gerilyawan Cechnya. Meskipun bisa dibebaskan, tapi banyak juga tawanan yang tewas pada saat pembebasan tersebut. Strategi penyelamatan yang dilakukan militer Rusia dengan penggunaan gas beracun berbuntut tewasnya 133 sandera, dan 40 gerilyawan. 415 Orang lainnya terluka dalam operasi tersebut.

Kemudiian pasukat elite Rusia menggunakan peralatan tempur berat seperti roket dan tank mengakibatkan anak-anak dan guru tewas dalam sekali serangan. Alhasil operasi yang dilakukan oleh pasukan elite mengalami gagal total.

Itulah dia ke empat operasi pasukan elite yang mengalami gagal total.

 

More From: Menarik