5 Koruptor Kelas Dunia Yang sudah dihukum Mati


2

[ads1]Palingseru.com – Sepanjang sejarah ini tercatat ada sejumlah koruptor kelas dunia yang dinyatakan sudah di hukum mati. Hukuman maati ini memang telh ditetapkan untuk para koruptor dunia. Diketahui dari Lembaga Pusat Survei Sosial di China tahun lalu menyatakan sebanyak 73,2 persen dari 2.105 responden setuju hukuman mati layak diteruskan bagi para koruptor.

Bahkan sejauh ini diketahui bila ada sekitar 2.400 orang sudah dihukum mati tahun lalu di China. Dan siapa sajakah para koruptor yang sudah dihukum mati ? seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 koruptor kelas dunia yang sudah dihukum mati.

1. Korupsi Rp 35 Triliun , Bankir Iran dihukum Gantung

1

Salah satu koruptor kelas dunia yang telah dihukum mati yakni Mahafarid Amir-Khosravi, salah satu dari empat orang yang divonis hukuman mati pada 2012 telah digantung di Penjara Evran, Teheran. Hukuman ini telah ditetapkan oleh Kantor Kejaksaan Iran yang menyatakan jika Mahafarid terlibat dalam penggelapan uang negara senilai Rp 35 triliun. Mahafarid Amir-Khosravi pun diekseskusi dan dihukum gantung pada bulan mei lalu.

2. China Vonis Mati Mantan Menteri Urusan Kereta

2

Hukuman mati juga dirasakan oleh Menteri Urusan Kereta, Liu Zhijun yang pada saat itu dirinya menguasai badan usaha milik negara dengan aset sangat besar.  Namun penggelapan dana yang dilakukan oleh Liu Zhijun ini pun terungkap ketika terjadi kecelakaan kereta pada 2011 di Kota Wenzhou, menewaskan 40 orang , diketahui insiden itu akibat perawatan infrastruktur kurang memadai. Dalam hal ini Kejaksaan Agung China melakukan penelitian dan pada akhirnya terbongkar tentang beberapa tender di kementerian kereta api dilakukan sembrono , perusahaan yang terpilih menyetor duit terlebih dulu pada Zhijun yang jumlahnya mencapai 64,6 juta Yuan (setara Rp 200 miliar). China adalah negara dengan jaringan rel kereta terpanjang sedunia, mencapai 10 ribu kilometer.

3. Pejabat BUMN Vietnam dihukum Mati sebab Korupsi

3

Hukuman mati untuk pejabat koruptor kelas dunia juga dirasakan oleh dua mantan pejabat perusahaan BUMN yakni Mantan Kepala Perusahaan Perkapalan Nasional Vietnam Duoang Chi Dung dan mantan Dirjen BUMN itu, Mai Van Phuc dengan divonis terkait kasus korupsi senilai Rp 21 miliar. Mereka pun dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Hano karena melanggar aturan negara ketika membeli sebuah kapal tua pada 2007 dan 2008.

4. Terima Uang Pelicin , China Hukum Mati Pejabat Kementrian Kereta

4

China juga memvonis hukuman mati oleh Kementrian Kereta Api Zhang Shuguang yang telah berkarier selama 11 tahun . Namun selama kekuasannya, dia dianggap memiliki skandal megakorupsi atasannya. Direktur Jenderal Perancangan KA ini mengakui ikut menerima pelicin sebanyak USD 7,7 juta (setara Rp 93,4 miliar). Hukuman mati pun diterimanya karena dia menjadi salah seorang yang aktif memalak perusahaan swasta hendak membangun rel .

5. China Tembak Mati Koruptor Konglomerat Bisnis Tambang

china-tembak-mati-koruptor-konglomerat-bisnis-tambang-rev5

China juga menetapkan hukuman mati kepada Koruptor konglomerat bisnis tambang Zhou Yongkang (72 tahun) yang telah dieksekusi oleh Pengadilan Rakyat China di Kota Xianning, Provinsi Hubei. Hukuman mati itu dilakukan dengan penembakan bersama empat anteknya yakni termasuk sang adik kandung bernama Liu Wei.

Nah, itulah dia 5 koruptor kelas dunia yang dihukum mati.

More From: Menarik