6 Cara Deteksi Penyakit Lewat Kaki Yang Perlu Kamu Ketahui


kki

[ads1]Palingseru.com – Mendeteksi penyakit tidak harus menggunakan alat kedokteran , sebab ada beberapa teori yang mengungkapkan jika penyakit yang kita alami dapat di deteksi lewat kaki. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mendeteksi penyakit lewat kaki yang pasti perlu sekali untuk kamu ketahui.

Beberapa cara ini sangat mudah dilakukan jika kamu pintar dalam merasakan suhu tubuh. Dan seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 6 cara deteksi penyakit lewat kaki yang perlu kamu ketahui .

1. Kaki terasa dingin, banyak penyebab

Salah satu cara mendeteksi penyakit lewat kaki dapat dirasakan jika jari-jari kaki selalu terasa dingin. Keadaan kaki seperti ini disebabkan karena aliran darah buruk akibat kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung dan juga bisa menjadi tanda jika kamu mengidap penyakit hipotiroidisme dan anemia.

2. Terasa nyeri

Selain kaki dingin, mendeteksi penyakit lewat kaki juga dapat dilihat ketika kaki terasa nyeri akibat seharian bekerja itu bisa menjadi tanda jika tubuh kamu terlalu  olahraga keras sehingga otot – otot mulai menegang.

3. Kaki berwarna merah, putih, dan biru

Jika kaki berwarna merah , putihb dan biru ini juga bisa menjadi tanda jika kamu mengalami penyakit Raynaud yang disebabkan akibat penyempitan arteri yang dan bisa menyebabkan kamu mengalami penyakit rheumatoid arthritis, penyakit Sjoegren, atau masalah tiroid.

4. Nyeri di tumit

Jika kamu mengalami nyeri di tumit ini menjadi tanda jika kamu mengalami penyakit plantar fasciitis yang disebabkan akibat radang ketika ligamen melekat pada tulang tumit.

5. Bengkak

Mendeteksi penyakit lewat kaki ini bisa dilihat ketika kaki bengkak. Biasanya kaki bengkak tanpa ada gigitan serangga ini menjadi tanda jika kamu mengalami gangguan sementara yang disebabkan oleh berdiri terlalu lama atau penerbangan panjang akibat sirkulasi darah yang buruk, masalah dengan sistem limfatik, atau pembekuan darah yang mengakibatkan kaki mengalami pembengkakan. Biasanya hal ini dialami oleh para ibu hamil.

6. Kaki terasa terbakar

Jika kaki terasa terbakar ini menjadi tanda jika kamu mengalami penyakit diabetes akibat kerusakan saraf perifer yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B, penyakit ginjal kronis, sirkulasi darah yang buruk di kaki (penyakit arteri perifer), atau hipotiroidisme.

Untuk itu, jika kamu mengalami beberapa hal di atas , sebaiknya bekonsultasi ke dokter agar cepat mendapatkan perawatan intensif. Nah, itulah dia keenam cara mendeteksi penyakit lewat kaki.

More From: Sehat