5 Masjid Ini Tidak Hancur Walaupun Dilanda Bencana Alam Dahsyat


4

[ads1]Palingseru.com – Ketika bencana alam dahsyat terjadi menyerang bumi ini, seluruh keindahan alam pun akan berubah menjadi hancur berantakan. Bangunan mewah , gedung – gedung yang megah pun akan bisa hancur  sama rata dengan tanah dan bahkan manusia yang ada di bumi ini ikut lenyap tinggal meninggalkan nama.

Akan tetapi, suatu mukjizat sang Pencipta alam pun seringkali terjadi, mereka yang masih diberi kesempatan untuk hidup akan terlindung dari bencana dahsyat tersebut. Sejumlah bangunan yang masih memiliki kuasa Tuhan pun akan tetap berdiri kokoh walaupun telah diterjang ombak besar atau badai dahsyat sekalipun, seperti masjid Baitturahman yang terletak di Aceh dan sampai kini masih berdiri kokoh setelah diterjang ombak besar akibat bencana tsunami di Aceh pada 26 Desember 2004.

Selain masjid Baitturahman , sejauh ini juga ada beberapa bangunan masjid lainnya yang tidak hancur walaupun dilanda bencana alam Dahsyat. Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 masjid yang tidak hancur walaupun dilanda bencana alam dahsyat. Yuk, simak bersama !

1. Masjid Golcuk di Turki

1

Masjid Golcuk ini merupakan masjid terkokoh yang ada di Turki walaupun pernah diterjang gempa bumi pada tahun 1999. Gempa bumi yang terjadi pasa saat itu menyebabkan 45.000 korban jiwa, dan 43.953 korban luka. Disamping itu, semua bangunan dan gedung mewah disekitarnya pun lenyap menjadi tanah . Akan tetapi , Masjid Golcuk ini tetap berdiri megah dan menjadi satu – satunya bangunan yang bisa dijadikan tempat penampungan korban gempa yang masih diberi kesempatan untuk hidup.

2. Masjid At tauhid di Haiti

2

Masjid at Tauhid di Haiti ini juga menjadi satu – satunya bangunan yang tetap berdiri kokoh walaupun telah diterjang gempa bumi dahsyat yang pada tahun 2010 hingga menimbulkan 220.000-316.000 korban jiwa. Masjid At Tauhid yang terletak di Ibu Kota Port-au-Prince ini pun menjadi satu – satunya bangunan untuk korban gempa yang masih hidup dan dijadikan sebagai tempat perlindungan bantuan darurat.

3. Masjid Kobe di Jepang

3

Masjid Kobe yang terletak di negara Jepang ini menjadi salah satu bangunan yang tetap berdiri kokoh setelah mengalami bencana dahsyat hingga dua kali berturut – turut. Kekokohan masjid Kobe ini awalnya di uji ketika terjadi peristiwa Perang Dunia Kedua. Pada saat itu, Masjid ini menjadi saksi bisu atas penyerangan Jepang di pelabuhan Pearl Harbour, Amerika Serikat dengan memutuskan untuk menjatuhkan bom atom pertama kali dalam peperangan. Walaupun telah terkena bom atom , masjid ini masih berdiri kokoh dan menjadi atu – satunya tempat berlindung masyarakat yang masih hidup. Dan ujian untuk yang kedua kalinya ini ketika terjadi gempa dahsyat pada 1995, pada pukul 05.46 Selasa, 17 Januari 1995. Dan lagi – lagi Masjid kobe ini masih tetap berdiri kokoh saat gempa tersebut menerjang kawasan South Hyogo, Hyogo-ken Nanbu, dan lainnya hingga menyebabkan 140 ribu korban jiwa.

4. Masjid Baitturahman Banda Aceh

4

Ketika terjadi bencana alam tsunami yang begitu dahsyat di Banda Aceh pada 26 Desember 2004 hingga menyebabkan seluruh bangunan di  Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh itu lenyap dan mengakibatkan 200.000 korban jiwa. Namun keajaiban Tuhan pun hadir disana dengan menyelamatkan Masjid Baitturahman . Rumah ibadah yang terletak di kawasan Pantai Ulee Lheu, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh ini menjadi satu-satunya bangunan yang selamat dalam peristiwa tersebut. Pada saat itu, tercatat ada 138 orang yang berlindung di masjid ini tersebut . Akan tetapi, tsunami pun kembali datang kedua kalinya hingga membuat semua orang disana hanyut. Tsunami di hari kedua itu pun menyebabkan beberapa bagian depan masjid seperti pagar dan kaca mengalami kerusakan. Saat bencana Alam Tsunami di Aceh itu terjadi, dari 700.000 jiwa tercatat hanya 700 jiwa saja yang selamat dan masjid Baitturahman ini menjadi satu – satunya bangunan yang tersisa dan masih tetap berdiri kokoh. Pasca tsunami itu, masjid ini kembali direhap. Awalnya masjid Baitturahman itu menampung jamaah hingga 500 orang. Namun ketika kerajaan Arab Saudi memberikan bantuan untuk perluasan masjid hingga dapat menampung jamaah sampai 1.500 orang.

5. Masjid Jami di Nepal

5

Masjid Jami di Nepal yang dibangun sejak 1524 Masehi itupun menjadi satu – satunya bangunan yang berdiri kokoh saat terjadi benca dahsyat gempa bumi dengan 7,8 skala richter pada 25 April lalu. Masjid Jami di Bag Bazaar, Ibu Kota Kathmandu itupun menjadi satu – satunya tempat perlindungan korban yang gempa yang masih hidup . Dan diketahui jika korban gempa yang masih hidup itu berasal dari umatmuslim dan hanya ada dua warga tewas dan belasan cedera. Sejak itu, masjid Jami dijadikan sebagai tempat pusat pengiriman bantuan logistik untuk korban lindu seperti beras, air bersih, dan makanan siap saji untuk umat muslim yang selamat. Diketahui bila ada 1,1 juta penganut ajaran Islam di Nepal, urutan ketiga setelah Hindu dan Buddha yang tercatat sekitar 10 persen total populasi di negara lereng Pegunungan Himalaya itu keturunan etnis urdu.

Nah, itulah dia kelima masjid yang tidak hancur walaupun dilanda bencana alam dahsyat.

 

More From: Menarik