7 Warna Lidah Ini Bisa Menunjukan Kondisi Kesehatan Kamu


seberapa-sehat-anda-yuk-cek-warna-lidah

Palingseru.com – Lidah merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa mengetahui kondisi tubuh kamu yang sebenarnya. Lidah yang berfungsi sebagai alat perasa, berbicara dan menelan ini ternyata juga bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh kamu.

Kamu bisa mengetahui kesehatan kamu dari perubahan warna, tekstur, dan bentuk lidah. Lidah yang sehat akan berwarna merah muda.

Namun, lidah akan berubah warna jika tubuh dalam kondisi tidak sehat. Nah, berikut ini ada 6 warna lidah yang bisa menunjukan kondisi kesehatan tubuh kamu.

Mau tau seperti apa ? Yuk, langsung saja kita simak ulasanya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Merah

Lidah akan berwarna merah jika tubuh mengalami panas. Kekurangan vitamin , demam berdarah dan penyakit kawasaki adalah penyebab lidah berwarna merah.

2. Hitam

Lidah berwarna hitam merupakan pertanda buruk untuk tubuh, terutama kebersihan mulut. Bakteri dan jamur terkadang membuat bercak hitam di lidah. Selain itu, merokok juga menjadi penyebab lidah berwarna hitam. minum terlalu banyak kopi dan kebiasaan makanan yang tidak sehat juga berkontribusi terhadap kondisi ini.

3. Kuning

Lidah berwarna kuning disebabkan pada hal yang hampir sama dengan warna hitam, yaitu kebersihan mulut. Lidah kuning terjadi karena pembentukan ragi pada permukaan lidah karena kurangnya kebersihan mulut yang baik.

4. Cokelat

Lidah yang sudah berwarna cokelat menjadi tanda buruk untuk kesehatan tubuh. Warna cokelat ini menunjukan jika  tubuh mengalami gejala awal dari kanker kulit yang disebut melanoma.  Jika sudah terjadi seperti ini, maka segera lah periksa ke dokter.

5. Ungu

Warna ungu dari lidah pertanda jika tubuh mengalami penyakit Bronkitis kronis, dan kadar kolesterol tinggi. Selain itu terlalu banyak makan-makanan dingin juga bisa menyebabkan lidah berwarna ungu.

6. Putih 

Lidah berwarna putih pada umumnya hanya dialami oleh para perokok. Sebab, lidah berwarna putih disebabkan oleh dehidrasi, sariawan atau infeksi jamur mulut dan leukoplakia – pertumbuhan berlebih dari sel-sel pada permukaan lidah.

 

Nah, itulah dia ke enam warna lidah yang menunjukan kondisi kesehatan tubuh.

 

 

 


Like it? Share with your friends!