5 Cerita Manusia dikutuk jadi Batu paling Terkenal di Dunia


44

[ads1]Palingseru.com – Salah satu cerita paling menarik dan melegenda di dunia ini yakni cerita manusia yang dikutuk jadi batu . Bahkan cerita tersebut menjadi cerita yang dikenal di seluruh dunia. Legenda manusia yang dikutuk menjadi batu itu juga berubah menjadi tempat wisata. Batu – batu yang dijadikan tempat wisata itu bisa menarik para wisatawan untuk mengetahui sejarah asal mula batu tersebut yang konon adalah manusia biasa dan kini berubah menjadi batu akibat kutukan.

Seperti yang dilansir dari palingunik.com, inilah dia 5 cerita manusia dikutuk jadi batu paling terkenal di dunia.

1. Bowermans Nose, Inggris

11

Bowermans Nose ini merupakan salah satu cerita manusia dikutuk menjadi batu yang paling terkenal di dunia. Bowermans Nose ini berasal dari Inggris. Konon katanya , Bowermans Nose ini adalah batu setinggi 6,6 meter yang merupakan salah satu ikon Dartmoor. Jika dilihat secara nyata Bowermans Nose ini mirip seperti sosok manusia dengan hidung mencuat. Asal mula munculnya Bowermans ini katanya ada sekawanan anjing miliknya untuk berburu ke dalam hutan. Tanpa diduga mereka memasuki daerah kekuasaan para penyihir yang sedang melakukan ritual. Dan pada saat itu, Bowerman menumpahkan kuali yang digunakan para penyihir untuk ritual sehingga memancing amarah si penyihir dan pada akhirnya penyihir tersebut mengepung Bowerman dan anjing-anjingnya lalu mengutuk mereka semua menjadi batu.

2. Three Sisters, Australia

22

Three Sisters ini juga merupakan cerita manusia yang dikutuk menjadi batu. Three Sisters ini merupakan tiga batu lonjong yang berjejer. Konon katanya, Three Sisters terbentuk karena pengikisan tebing. Namun penduduk disana banyak yang mempercayai jika Three Sisters ini adalah kutukan dari 3 bersaudara yakni Meehni, Wimlah, dan Gunnedoo yang merupakan suku Katoomba di Jamison. Dan asal mula cerita Three Sisters ini ketika tiga saudari menjalin cinta dengan tiga pemuda dari suku Nephan yang berselisih dengan Katoomba akibat merebut Meehni, Wimlah, dan Gunnedoo . Dan untuk melindungi para kekasih mereka , salah satu penyihir berhasil mengkutuk ketiga saudara ini menjadi batu besar . Namun setelah ketiga saudara ini berubah menjadi batu, si penyihir langsung meninggal dan belum sempat mengubah tiga saudara ini menjadi manusia kembali. Dan pada akhirnya ketiga saudara ini berubah menjadi batu selamanya.

3. Arca Loro Jonggrang , Sleman – Indonesia

33

Salah satu cerita manusia dikutuk jadi batu paling terkenal di dunia yakni cerita batu Arca Loro Jonggrang dari Sleman , Indonesia. Cerita batu arca ini bermula dari seorang putri jelita anak Prabu Boko. Bandung Bondowoso, seorang pangeran dari Kerajaan Pengging yang berseteru dengan Kerajaan Boko. Pada saat itu, Sang putri dijodohkan dengan Bandung Bondowoso yang pernah membunuh ayahnya. Disinilah si Loro Jonggrang tak ingin bila menikah dengan Bandung Bondowoso. Namun karena Bandung Bondowoso ini memiliki kuasa kuat untuk menikahi Loro Jonggrang sehingga Loro pun harus memiliki banyak ide bagaimana cara jitu membatalkan perjodohan mereka. Loro Jonggrang memberikan sebuah tantangan kepada Bandung Bondowoso untuk membangun seribu Candi. Pada saat itu , Bandung Bondowoso menyanggupi permintaan Loro Jonggrang bahkan dirinya hampir siap membangun seribu Candi. Namun, saat 999 candi telah dibangun, Roro Jonggrang meminta para dayang untuk menumbuk padi agar para jin mengira hari sudah pagi dan lari ketakutan. Bandung Bondowoso pada akhirnya tahu jika itu adalah ulah Roro Jonggrang sehingga dirinya murka dan mengutuk Roro Jonggrang sebagai batu yang ke 1000.

4. Batu Malin Kundang , Sumatera Barat – Indonesia

44

Cerita Malin Kundang sudah menjadi cerita anak yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu akibat membangkang. Malin kundang ini awalnya terlahir dari ibu yang miskin. Namun setelah tumbuh dewasa dirinya bekerja dan menjadi orang kaya hingga bisa meminang putri bosnya. Namun karena merasa malu, malin kundang tak mengakui jika itu adalah ibunya saat ibu , dia dan istrinya bertemu di sebuah jalan. Karena ibunya merasakan rasa sakit hati , akhirnya ibunya mengutuk malinkundang menjadi batu. Dan hingga saat ini , terbentuklah sebuah yang berada di Pantai Air Manis, Padang, Sumatera Barat. Bentuk batu ini menyerupai tubuh manusia yang sedang menelungkup seolah sedang meminta pengampunan dan memang pada saat itu malin kundang mengaku jika dirinya telah durhaka dan meminta ampun kepada ibunya. Akan tetapi, dirinya telah dikutuk menjadi batu duluan.

5. Goa Putri , Sumatera Selatan , Indonesia

55

Goa Putri ini juga merupakan batu besar yang ada di Sumatera Selatan . Asal mula cerita Goa putri ini dari sebuah legenda Putri Balian dan Si Pahit Lidah. Pada saat itu,Putri Balian sedang mandi di sana. Lalu lewatlah Pangeran Serunting alias Si Pahit Lidah, pengembara sakti yang segala ucapannya berubah menjadi sabda. Si pahit lidah ini berusaha menyapa si putri tetapi putri tidak menyahut. Dan akhirnya , Si pahit lidah ini bergumam di dalam hati  “Sombong sekali putri ini, diam saja seperti batu.” Ternyata ucapannya itu berubah menjadi kutukan dan si Putri terkutuk menjadi batu. Dan tidak sampai disitu, si pahit lidah ini juga bergumam kembali  “Katanya ini desa, tapi tak ada orangnya, seperti gua batu saja,” alhasil desa tersebut semuanya berubah menjadi batu dan hingga saat ini diberi nama desa Goa Putri.

Nah, itulah dia kelima cerita manusia dikutuk menjadi batu yang paling terkenal di dunia.


Like it? Share with your friends!

3 shares