Ikan bisa Berjalan Kini Jadi Ancaman di Australia, Kamu Mau Tahu Kenapa?


083924600_1433309449-gallery_5746_283_13421

[ads1]Palingseru.com – Perairan Negeri Kanguru , Australia baru – baru ini mendapati sebuah ancaman dengan adanya spesies ikan berjalan yang disebut sebagai climbing perch atau climbing gouramy (Anabas testudineus). Kenapa ikan berjalan ini dijadikan ancaman di sana ?

Ada beberapa hal yang perlu diketahui kenapa ikan berjalan ini menjadi ancaman Australia. Ini dikarenakan spesies ikan testudineus cenderung mengalahkan spesies asli di lingkungan baru dan punya daya tahan luar biasa. Bisa hibernasi dalam lumpur di sungai kering sampai 6 bulan.

Hal ini membuat para ilmuwan Australia begitu mengawasi pergerakan spesies ikan berjalan . Menurut mereka perkembangan spesies ikan berjalan ini mulai ditemukan di perairan 2 pulau di Queensland, di Selat Torres: Boigu dan Saibai, yang dekat dengan Papua Nugini tersebut. Ikan berjalan yang mulai berkembang biak di 2 perairan tersebut bisa bertahan hingga 30 sampai 40 tahun terakhir.

Ikan berjalan ini terbilang sebagai ikan yang cukup langka. Pada dasarnya ikan sangat lemah jika berada di daratan. Namun ikan jenis climbing perch ini bisa bergerak di darat dan mengambil oksigen langsung dari udara berkat organ labirin (labyrinth organ) yang dimilikinya. Ikan ini akan berjalan di daratan menggunakan dua tutup insangnya.

052048900_1433309374-QuestionableWelcomeAmericanrobin-poster

Tak hanya itu saja, kehebatan yang dimiliki oleh ikan climbing perch ini dia bisa bertahan hidup di air asin yang pada dasarnya ikan tersebut berstatus air tawar.

Ilmuwan James Cook University, Nathan Waltham  mengatakan jika ikan ini akan mati bila dimangsa oleh burung dan hewan darat lainnya.  Waltham mengatakan jika ikan ini memiliki insang yang tajam dan fleksibel dan ikan ini sering ditemukan di perairan Utara Australia.

“Ikan itu punya insang tajam yang fleksibel, yang bisa terjebak di tenggorokan ikan dan burung, hingga membuat pemangsanya sekarat. Saya berpendapat, kemungkinan ikan itu sampai ke Australia dengan berenang cukup rendah,” kata Dr Nathan.

Dan karena ikan jenis climbing perch ini menjadi ancaman di perairan Australia sehingga tim peneliti Australia sendiri menghimbau kepada para nelayan untuk lakukan pencegahan penyebaran ikan climbing perch, jika mereka sempat menemukan ikan tersebut maka usahakan untuk cepat di buang jauh dari daratan Australia.


Like it? Share with your friends!

4 shares