7 Hal yang Gak Pernah Kamu Ketahui Seputar Penyakit Menular Seksual


pms

[ads1]Palingseru.com – Penyakit menular seksual memang kerap terjadi bagi mereka yang suka bergonta – ganti pasangan. Akibat pergaulan seks bebas tanpa menggunakan alat pengaman seperti kondom ini juga beresiko menyebabkan seseorang bisa menderita penyakit menular seksual. Mungkin selama ini banyak yang mengetahui jika penyakit menular seksual seperti HIV adalah penyakit berbahaya yang sulit untuk disembuhkan. Namun selain HIV ada sejumlah hal yang gak pernah kamu ketahui seputar penyakit menular seksual tersebut.

Penyakit menular seksual ini sepertinya sudah menjadi penyakit yang mulai beredar di kalangan remaja. Menurut Centers of Disease Control and Prevention (CDC), hampir 20 juta orang di Amerika Serikat mengidap penyakit menular seksual (PMS) setiap tahunnya dan setengahnya merupakan kalangan anak muda berusia 15 hingga 24 tahun.

Dan buat kamu yang mau tahu apa saja sih fakta seputar penyakit menular seksual (PMS) ini ? seperti yang dilansir dari Detik.com, inilah dia 7 hal yang gak pernah kamu ketahui seputar penyakit menular seksual.

1. Klamidia adalah jenis PMS yang umum di AS

Salah satu hal yang gak pernah kamu ketahui seputar penyakit menular seksual yakni Klamidia adalah jenis penyakit menulat seksual yang umum di AS. Penyakit Klamidia ini muncul tanpa adanya gejala namun lama – kelamaan penyakit Klamidia ini akan menginfeksi penis, vagina, leher rahim, uretra bahkan mata si penderita. Umumnya penyakit Klamidia ini di derita pada anak remaja usia 15 tahun dan ditularkan melalui vagina, anal dan oral seks.

2. Perempuan 4 kali lebih mungkin terkena PMS dibandingkan hamil

Salah satu hal yang tidak kamu ketahui tentang penyakit menular seksual itu adalah wanita lah yang akan sering terserang PMS. Hal ini dikarenakan jika wanita seringkali terbuai oleh rayuan pasangannya untuk berhubungan seks tanpa menggunakan kondom. Dari sinilah penyakit menular seksual lebih sering menyerang wanita bahkan tercatat wanita akan bisa menderita PMS kurang lebih 4 kali dibandingkan hamil.

3. PMS bisa menular lewat oral seks

Penyakit Menular Seksual ini pada dasarnya tak hanya bisa menular melalui hubungan intim saja , tetapi bisa juga menular melaluiĀ  oral seks. Seseorang akan lebih bisa menderita Penyakit Menular Seksual melalui oral seks ini seperti penyakit gonore, sifilis, herpes dan hepatitis B.

4. PMS bisa ditularkan melalui mata

Tak hanya lewat organ intim saja, penyakit menular seksual juga akan bisa ditularkan melalui mata . Hal ini biasanya terjadi ketika PMS menyerang tubuh manusia melalui cairan tubuh yang nantinya akan melewati tenggorokan, mulut dan anus.

5. PMS bisa menular lewat proses menato atau body piercing

Salah satu hal yang tidak kamu ketahui terkait PMS ini diantaranya yakni PMS bisa ditularkan lewat proses mentato dan tindik badan jika jarumnya tidak disterilkan dengan baik. Jarum suntik yang digunakan untuk mentato ini bisa menjadi penyebab seseorang terkontaminasi virus PMS dari pengguna sebelumnya. Itulah kenapa jika dalam menggunakan jarum suntik sebaiknya hanya sekali pemakaian.

6. PMS bisa jadi pemicu infertilitas dan kanker

Tahukah kamu jika PMS ini juga bisa menjadi pemicu infertilitas dan kanker. Salah satu jenis PMS yang bisa memicu kanker ini yakni Gonorea dan Klamidia. Jika seorang penderita Klamidia ini tidak segera mengobati penyakitnya , maka lama kelamaan akan menjadi radang panggul hingga infeksi tuba falopi tanpa gejala yang bisa menyebabkan infertilitas. Interfilitas ini akan memicu serangan papillomavirus (HPV) bisa menyebabkan kanker serviks pada wanita dan kanker penis pada pria.

7. Tidak semua PMS bisa diobati

Penyakit menular seksual ini pada umumnya sangat mudah menyebar , namun bagi penderita penyakit menular seksual ini harus bisa menerima nasib. Sebab, penyakit menular seksual ini pada dasarnya akan sulit diobati . Hanya ada beberapa jenis PMS saja yang bisa diobati dengan antibiotik seperti klamidia, gonoer dan sifilis . Namun untuk jenis PMS yang kompleks seperti herpes, hepatitis B, HIV dan kutil kelamin ini sangat sulit disembuhkan dan membutuhkan perawatan yang intensif.

AD: Hotel murah di Indonesia mulai dari Rp 99rb, Pesan di RedDoorz Install Aplikasinya Sekarang!

Nah, itulah dia ketujuh hal yang gak kamu ketahui seputar penyakit menular seksual.

More From: Taukah Kamu