7 Hal ini Bisa Bikin Pria Cepat Mengalami Pengkroposan Tulang


7-faktor-ini-meningkatkan-risiko-osteoporosis-pada-pria

Palingseru.com – Osteoporosis merupakan penyakit pengkroposan tulang yang biasanya lebih sering dialami oleh pria dan wanita yang sudah lanjut usia. Namun, pria dikatakan lebih cepat mengalami pengkroposan tulang tersebut.

Banyak pria yang sampai saat ini masih belum menyadari risiko osteoporosis bagi kesehatannya. Hinngga akhirnya mereka harus dirawat di rumah sakit dan bahkan mengalami kondisi yang sangat parah, seperti cacat total, atau bahkan kematian.

Nah, berikut ini ada tujuh faktor yang bisa membuat pria lebih cepat mengalami pengkroposan tulang. Mau tau apa saja ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Usia

Usia menjadi faktor utama kenapa pria lebih cepat mengalami pengkroposan tulang. Ketika sudah memasuki usia 50 tahun, tulang pria akan mengalami pengikisan sekitAar 0,5 hingga 1 persen per tahun.

2. Hilangnya testosteron

Usia yang semakin bertambah juga bisa menyebabkan  tingkat testosteron pada pria secara alami semakin menurun. Sehingga membuat keseimbangan pertumbuha tulang menjadi kacau.

3. Kurang kalsium dan vitamin D

Sejak dulu hingga sekarang kalsium dan vitamin D sangat berperan penting untuk kesehatan tulang. Kalsium untuk membantu tulang semakin kuat, sedangkan vitamin D membantu tulang menyerap kalsium dengan baik. Kurangnya kalsium dan vitamin D bisa menyebabkan tulang menjadi cepat kropos, apa lagi usia yang sudah masuk ke 50 tahun.

4. Jarang olahraga

Olahraga sangat penting dilakukan agar tulang semakin kuat dan sehat. Kamu bisa melakukan olahraga yang lebih ringan dilakukan namun memberikan manfaat yang cukup besar pada tulang, yaitu berjalan kaki atau jogging.

5. Merokok

Merokok tidak hanya dapat menyebabkan penyakit yang mengerikan seperti kanker, tetapi merokok juga bisa menyebabkan kepadatan tulang semakin berkurang hingga mudah mengalami pengkroposan.

6. Terlalu banyak a*****l

A*****l juga tidak baik untuk kesehatan tubuh, karena a*****l bisa menyebabkan tulang mudah mengalami pengkoroposan.

7. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Mengonsumsi obat-obatan sangat perlu diperhatikan karena obat-obata lebih sering menyebabkan tulang semakin mudah mengalami pengkroposan. Obat-obatan untuk depresi, diabetes dan lainnya bisa menyebabkan tulang semakin mudah mengalami pengkroposan.

Nah, itulah dia ke tujuh faktor yang bisa menyebabkan tulang pria lebih cepat mengalami pengkroposan.

 

 


Like it? Share with your friends!