4 Sumber Dana ISIS yang Membuat Kelompok ini Bisa Kaya dan Banyak Uang


ini-5-sumber-dana-isis-jadi-kelompok-teroris-paling-kaya-sejagat

Palingseru.com – Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) merupakan kelompok yang paling ditakuti oleh orang-orang di seluruh dunia. ISIS yang terkenal kejam ini memiliki banyak pasokan senjata guna membombardir negara-negara di Timur Tengah, serta menggaji para jihadis dengan bayaran yang tinggi.

Terkait hal tersebut banyak sekali kalangan yang menanyakan dari mana sumber pendanaan yang didapat oleh ISIS sehingga mereka dapat membeli senjata dan menggaji para jihadis dengan bayaran yang sangat tinggi.

Ada yang menduga jika perebutan kota kilang minyak di sejumlah wilayah Irak  salah satu sumbernya. Selain itu, ISIS juga sering meminta tembusan kepada negara-negara yang ingin membebaskan masyarakatnya yang disandra oleh ISIS.

Sekali minta tebusan ISIS tak tanggung-tanggung, ia meletakkan dengan harga yang sangat tinggi. Seperti yang pernah terjadi kepada Jepang demi melepas sander asal Negeri Sakura tersebut.

Nah, berikut ini ada 4 sumber dana ISIS yang membuat kelompok mereka memiliki banyak uang. Mau tau dari mana saja ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. ISIS raup Rp 11 Miliar per hari dari jual minyak mentah

Setelah ISIS berhasil menguasi sebagian wilayah di Irak mereka memiliki penghasilan sebanyak Rp 11 miliar per hari dari hasil penjualan minyak mentah kepada pengusaha Kurdi.

ISIS menjual minyak mentah yang diseludupkannya tersebut sebesar Rp 290 ribu per barrel. Diyakini jika ISIS mendapatkan minyak itu dari wilayah sebelah utara Kota Mosul lalu mengirimnya lewat truk tangki agar bisa diolah menjadi  disel dan bensin.

2. Uang minyak seret, ISIS mulai cari dana dari tawanan

Setelah uang minyak mulai seret, ISIS diketahui mulai melepas 350 orang tawanan karena mengalami kebangkrutan jika harus merawat mereka. Demi membalikan modalnya, ISIS pun meminta tebusan kepada negara Jepang dari dua sandera warga negara Jepang.  Nilai yang dimintanya cukup tinggi yaitu sekitar Rp 2,5 triliun.

Namun Perdana Menteri Jepang dikabarkan menolak permintaan ISIS tersebut. Dua sandera yang ditahan oleh ISIS tersebut, merupakan pekerja sosial yang saat itu sedang berada di Irak.

3. ISIS jual puing-puing kota bersejarah Palmyra

Pada 21 Mei lalu, ISIS berhasil merebut kota bersejarah Palmyradi Provinsi Homs, Suriah. Mereka tidak berniat untuk menghancurkannya tetapi mereka berniat untuk menjual benda-benda bersejarah dari Kota tersebut seperti patung bersejarah dan artefak kuno.

4. Palak pengusaha ISIS meraup Rp 2,6 triliun per tahun

Demi mengisi uang kasnya kemballi, ISIS pun memalak para pengusaha kaya dengan berkedok berzakat. Semua pengusaha diharuskan berzakat, jika tidak akan disiksa oleh pasukan ISIS. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya bisa mencapai USD 200 juta (Rp 2,6 triliun).

Zakat tersebut tergantung dengan usahanya, jika usahanya besar, maka zakat yang dikeluarkan juga ikut besar hingga mencapai USD 100 ribu (Rp 1,3 miliar) .

Nah, itulah dia sumber-sumber dana ISIS yang membuat kelompok teroris tersebut menjadi banyak uang dan kaya raya.

 


Like it? Share with your friends!