Bahaya Mengerikan Menggunakan Headset Bagi Telinga dan Otak yang Tidak Kamu Ketahui


hati-hati-sering-pakai-earphone-sebabkan-tuli-500x250

[ads1]Palingseru.com – Menikmati waktu santai dengan mendengarkan musik memang bisa membuat hati terasa damai dan tenang. Kebanyak orang memilih mendengarkan lagu menggunakan headset agar lebih terasa hening dan nyaman. Namun tahukah kamu mendengarkan musik menggunakan hadset ini ternyata memiliki bahaya yang mengerikan bagi kesehatan telinga dan otak kamu.

Mendengarkan musik dengan menggunakan headset memang bisa menghasilkan suara musik yang lebih baik akan tetapi jarak suara mendengarkan musik dengan menggunakan headset ini tercatat lebih dekat dengan organ telinga dan lebih membuat saraf otak berkontrasi keras untuk mengolah suara yang dihasilkan dari hadset.

Nah tak perlu basa basi lagi , jika kamu tak ingin indera pendengaran kamu rusak akibat sering mendengarkan musik menggunakan headset. Yuk, simak bahaya mengerikan mendengarkan musik headset bagi telingan dan saraf otak kamu seperti yang dilansir dari tribunnews.com, inilah dia ulasannya :

1. Kerusakan Telinga Permanen

Salah satu bahaya mengerikan jika mendengarkan musik menggunakan headset yakni bisa menyebabkan kerusakan telingan permanen akibat suara keras dari musik yang berasal dari headset yang kamu gunakan secara terus menerus. Frekuensi dan suara keras yang dihasilkan dari headset yang kmau gunakan secara terus menerus itu dapat menyebabkan pecahnya gendang telinga yang dapat menurunkan pendengaran dan bisa membuat kamu menjadi tuli. Untuk itu, sebaiknya jika ingin mendengarkan musik secara terus menerus jangan menggunakan headset.

2. Kehilangan Pendengaran di Usia Muda

Menggunakan headset untuk mendengarkan musik secara rutin juga bisa menyebabkan kamu kehilangan pendengaran di usia muda. Hal ini disebabkan akibat volume keras pada headset dapat menyebabkan ketegangan telinga dan jika kamu mendengarkan musik dengan headset secara terusĀ  menerus dapat menyebabkan kamu kehilangan telinga permanen.

3. Ambang Pendengaran Penggunaan

Bahaya mengerikan jika kamu rutin mendengarkan musik menggunakan headset juga bisa menyebabkan ambang pendengaran penggunaan kamu. Dalam hal ini kamu akan sulit menangkap pendengaran dari jarak jauh bahkan suara yang akan kamu dengar dari jarak jauh itu terasa tidak jelas padahal jika telinga normal akan terlihat jelas.

4. Kerusakan Otak

Earphone atau headset pada dasarnya memiliki gelombang elektromagnetik yang sangat berpengaruh terhadap saraf telinga dan saraf otak. Gelombang elektromagnetik itu bila terus menerus dekat dengan telinga maka lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada otak.

5. Infeksi Telinga

Mendengarkan musik dengan menggunakan headset secara terus menerus juga bisa menyebabkan infeksi pada telinga akibat mekanisme penggunaan earphone yang masuk ke dalam rongga telinga. Ditambah lagi jika headset yang tersu – terusan digunakan ini cenderung terdapat sejumlah bakteri yang ada di telinga ikut berpindah ke earphone dan jika terus digunakan bakteri tersebut pun bisa masuk ke dalam telinga dan menyebabkan infeksi telinga.

Nah, mulai sekarang jika kamu sayang dengan kesehatan telinga kamu . Cobalah untuk menghindari mendengarkan musik dengan headset secara rutin. Indera pendengaran telingan merupakan alat indera paling penting.

More From: Sehat