Selain Dapat Pahala, Ini Dia 9 Manfaat Puasa yang Wajib Kamu Ketahui


yuk-dapatkan-9-manfaat-sehat-ini-dengan-berpuasa

Palingseru.com – Puasa merupakan salah satu rukun islam yang wajib dijalankan oleh umat muslim di seluruh dunia. Saat berpuasa seseorang tidak akan diperbolehkan untuk makan dan minum dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Puasa tak hanya sekedar menjalankan kewajiban, namun puasa juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh yang mungkin tidak kamu ketahui.

Nah, selain dapat pahala, ternyata ada banyak manfaat puasa yang harus kamu ketahui. Berikut ini adalah manfaat puasa untuk umat muslim yang menjalankannya. Seperti dilansir Merdeka.com, inilah dia ke 9 manfaat puasa.

1. Menurunkan berat badan

Puasa merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan yang berlebihan, sebab saat berpuasa tubuh akan maksimal dalam membakar lemak didalam tubuh.

2. Meningkatkan sensitivitas insulin

Puasa juga dapat memberikan efek positif pada sensitif insulin. Efek positif ini akan membuat tubuh lebih baik mentolerir karbohidrat.

3. Mempercepat metabolisme

Saat berpuasa sistem pencernaan kamu akan beristirahat yang kemudian akan membuatnya bekerja lebih efisien. Hal ini akan membuat metabolisme makanan dan pembakaran lemak akan berjalan cepat, sehingga fungsi usus akan lebih maksimal.

4. Memperpa**ang usia

Buat kamu yang ingin selalu tampil awet muda, puasa merupakan cara yang paling efektif untuk mendapatkannya. Dengan perbuasa akan mempercepat metabolisme kamu sehingga kamu akan selalu terhindarkan dari penuaan dini.

5. Memperbaiki pola makan Anda

Dengan berpuasa kamu akan bisa memperbaiki pola makan kamu yang buruk. Sebab saat berpuasa kamu akan berpikir untuk mengonsumsi makanan yang tidak menyehatkan, tak hanya itu jam makan kamu pun akan teratur sehingga sangat baik untuk tubuh.

6. Meningkatkan fungsi otak

Puasa juga dapat meningkatkan fungsi otak, karena saat berpuasa di otak akan terjadi produksi protein yang disebut dengan brain-derived neurotrophic factor atau BDNF. BDNF ini akan mengaktifkan sel batang otak yang akan diubah menjadi  neuron baru dan mempromosikan kesehatan saraf.

7.  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Puasa juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu, karena puasa dapat mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas, dan dapat mengurangi pembentukan sel kanker.

8. Membuat diri Anda menjadi lebih cerah

Saat berpuasa tidak hanya makan dan minum saja yang dilarang tetapi juga berbagai hal yang dapat menyakiti diri sendiri serta hal yang dapat membahaya kan tubuh juga tidak diperbolehkan sehingga diri kamu akan menjadi lebih cerah dan lebih terjaga.

9. Mempromosikan kesehatan kulit

Saat puasa kamu akan lebih bisa mengontrol makanan yang akan kamu makan, kamu pasti akan memilih makanan yang sehat saja untuk dikonsumsi, sehingga ini akan berdampak baik untuk kesehatan tubuh, serta dapat menyehatkan kulit.

Nah, itulah dia manfaat berpuasa di bulan suci ramadhan.

 

 


Like it? Share with your friends!