7 Zat Berbahaya Yang Ada di Dalam Deodoran


index

Palingseru.com – Deodoran merupakan salah satu kosmetik yang berguna untuk menghilangkan bau badan. Kosmetik ini mengandung berbagai bahan kimia yang pastinya sangat berbahaya untuk tubuh.

Banyak orang yang tak menyadari bahaya dari bahan kimia yang terkandung didalam deodoran. Salah satunya adalah kandungan alumunium. Namun, tak hanya alumunium saja, masih banyak kandungan bahan kimia yang terdapat didalam deodoran.

Nah, berikut ini ada tujuh zat berbahaya yang terkandung didalam deodoran. Mau tau apa saja ? Mari kita simak ulasannya berikut ini, seperti dilansir Viva.co.id

1. Alumunium

Alumunium sangat berbahaya untuk tubuh, karena dapat mencegah keringat keluar dari dalam tubuh. Nah, loh, keringat kan berguna untuk membuat racun didalam tubuh, jika tidak dikeluarkan jadi bahaya bukan.

2. Paraben

Banyak kandungan paraben yang ada didalam deodoran seperti Methylparaben, Propylparaben, Ethylparaben atau Butylparaben. Kandungan paraben ini merupakan salah satu penyebab kanker payudara. Resiko orang-orang yang menggunakan kosmetik mengandung paraben sangat besar untuk terkena kanker payudara.

3. Propylene Glycol

Zat propylene Glycol ini merupakan zat yang sangat berbahaya jika terkena tubuh. Sebab zat ini  dapat menyebabkan kemerahan pada kulit dan dermatitis kontak. Zat ini juga dapat merusak ginjal dan hati.

4. Amine

Amine juga terkandung dalam kosmetik deodoran ini. Padahal Amine sangat beberbahaya jika terakumulasi dalam tubuh untuk jangka waktu yang panjang. Apalagi kalau ditemukan pada kosmetik dan produk perawatan kulit. Penggunakan jangka panjang dapat menyebabkan penyakit ginjal.

5. Triclosan

Triclosan dapat menyebabkan iritasi kulit  serta memicu timbulnya dermatitis kontak.  Zat kimia berbahaya ini terkandung didlam deodoran. Jika digunakan dalam waktu lama, dapat menyebabkan disfungsi tiroid serta kegagalan sistem hormonal tubuh.

6. Pewarna

Deodoran juga mengandung zat pewarna berbahaya seperti FD dan C. Zat pewarna ini sangat berbahaya untuk tubuh karena dapat menyebabkan  alergi.

7. Bedak (talc)

Bedak adalah mineral lembut yang digunakan dalam produk perawatan pribadi sebagai penyerap. Bedak ini hanya sebagai karsinogen  untuk manusia jika hanya mengandung serat asbes, dan komposisi didalam kosmetik tidak diatur. Sehingga kita tidak mengetahui apakah bedak mengandung serat asbes atau tidak.

Nah, itulah dia ke tujuh kandungan bahan kimia berbahaya dalam dedoran.

 

More From: Sehat