5 Makanan Dari Beberapa Negara ini Cuma Ada ketika Bulan Puasa Ramadhan


lahm-lhalou-aljazair-rev1

Palingseru.com – Bulan ramadhan merupakan bulan yang paling istimewa bagi semua umat muslim didunia, karena bulan ramadhan berbeda dengan bulan-bulan lainnya, yaitu dibulan ramadhan umat muslim diwajibkan berpuasa, sholat tarawih dan lainnya.

Perbedaan itu membuat orang muslim akan mengistimewakan bulan ramadhan hingga kebanyakan mereka membuat sesuatu yang berbeda dibulan ramadhan, salah satunya adalah makanan.

Dibeberapa negara ada beberapa jenis makanan yang hanya akan ditemukan di bulan puasa ramadhan saja. Nah, mau tau apa saja sih jenis makanan yang hanya ditemukan ketika bulan ramadhan ?

Mari kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Ramadhan Nombu Kanji – India

1

India memiliki makanan khas ketika bulan ramadhan yaitu nombu kanji. Nombu kanji ini adalah sejenis bubur kental yang dimasak bersama kaldu daging, sayuran, dan rempah-rempah. Nombu kanji ini disajikan dengan bonda, bajji, dan vadai.

2. Bubur lambuk – Malaysia

2

Bubur lambuk menjadi hidangan wajib dibulan puasa. Bubur lambuk ini terbuat dari beras, potongan daging, santan, dan rempah-rempah yang beragam. Bubur lambuk ini hanya akan ditemukan pada bulan ramadhan di Malaysia.

3. Iftariyelik tabagi – Turki

3

Iftariyelik tabagi merupakan makanan khas Turki yang hanya akan ditemukan pada bulan ramadhan. Iftariyelik tabagi menjadi hidangan untuk berbuka, yang biasanya berisi kurma, zaitun, keju, pastrma, sujuk, roti pide, dan berbagai varian kue yang disebut borek.

4. Kolak Ayam – Indonesia

4

Indonesia juga memiliki makanan khas yang hanya ada dibulan ramadhan yaitu kolak ayam. Kolak ayam ini berbeda dari kolak-kolak lainnya, sebab terbuat dari ayam, gula merah, jintan, daun bawang, dan santan kelapa.

Kolak ayam ini merupakan resep nenek moyang yang masih terjaga hingga saat ini. Memasaknya pun masih dengan cara tradisional dan yang memasak juga harus laki-laki.

5. Lahm lhalouĀ  – Aljazair

lahm-lhalou-aljazair-rev1

Lahm lhalou merupakan hidangan yang ada di Aljazair. Makanan ini terbuat dari daging domba yang dimasak dengan buah prune dan kuah berbumbu kunyit. Hasilnya adalah hidangan yang memadukan rasa daging domba yang tajam dengan bumbu pekat dan manis.

Nah, itulah dia ke lima makanan yang hanya ada di bulan ramadhan.

 


Like it? Share with your friends!