Tidak Hanya Muslim Saja, 7 Agama ini Juga Melakukan Puasa


tak-cuma-muslim-puasa-juga-dilakukan-penganut-agama-lain-150703k

Palingseru.com – Mungkin selama ini kamu berpikir bahwa puasa merupakan aktivitas yang hanya dilakukan oleh umat muslim saja. Namun, tahukah kamu bahwa selaim agama islam, puasa juga dilakukan oleh beberapa agama lainnya.

Puasa dianggap sebagai tradisi yang ada sejak dahulu kala, bahkan puasa juga dilakukan dengan berbagai cara, serta dengan berbagai tujuan.

Nah, berikut ini adalah 7 agama yang juga melakukan puasa seperti umat muslim lakukan saat ini. Seperti dilansir Brilio.net, inilah dia ke tujuh agama yang juga melakukan puasa.

1. Agama Mesir kuno

Dahulu kala masyarakat agama mesir kuno yang menyembah berhala juga berpuasa untuk menghormati Tuhan matahari dan juga Sungai Nil yang dianggap telah  memberikan banyak manfaat untuk mereka.

2. Yunani kuno 

Agama Yunani Kuno juga mengenal puasa yang mengikuti agama mesir kuno. Masyarakat Yunani Kuno melakukan puasa berhari-hari secara berturut-turut sebelum peperangan.

3. Romawi kuno 

Agama romawi kuno mengenal puasa sebagai bentuk jalan untuk bertobat. Orang-orang yang telah melakukan banyak dosa dianggap harus bertobat dengan cara berpuasa, karena dengan puasa mereka akan merasakan penderitaan tidak makan dan tidak minum hingga mereka menyadari kesalahan mereka dan merasakan akibatnya.

4. Zoroaster 

Zoroaster merupakan agama yang dikenal di Persia. Agama ini mengenal puasa sebagai bentuk tolak baca bencana. Namun, anehnya dalam kitab Al Milal Wan Nihal mengatakan bahwa puasa dilarang sebab akan mengurangi kadar kerja keras masyarakat.

5. Manuisme

Pada abad ke-3 sebelum masehi di Babilonia mengenal agama manuisme. Agama ini mengajarkan untuk kesederhanan hidup dan menjauhkan diri dari pergaulan. Dan puasa dianggap sebagai hal yang tepat untuk itu semua.

6. China kuno

Masyarakat yang menganut ajaran Taoisme dan Konfusianisme juga mengenal puasa yang dilakukan pada hari-hari biasa dan juga hari-hari tertentu seperti sedang terjadinya bencana karena puasa dipercaya dapat memberikan keselamatan.

7. Shinto 

Agama Shinto juga melakukan puasa, yaitu puasa dari hal-hal yang dianggap kotor atau tidak suci, mereka akan berpuasa menyisir rambut, menyentuh wanita, dan lain-lain. Puasa ini dilakukan dalam rangka untuk menyucikan diri.

Nah, itulah dia ke tujuh agama yang juga melakukan puasa.

 

More From: Menarik