4 Walikota Ini Berani Melawan Mafia Narkoba


33

[ads1]Palingseru.com – Mafia Narkoba saat ini dikabarkan sudah semakin merajalela. Bahkan banyak sekali mafia yang berhasil menyelundupkan narkoba dengan lancar. Diketahui bila bisnis narkoba ini salah satu bisnis yang paling menguntungkan sehingga banyak sekali orang yang tergiur untuk bisa gabung dalam bisnis narkoba ini.

Namun seberapa lancarnya bisnis Narkoba yang dilakukan oleh sejumlah mafia ini juga lama kelamaan akan terdeteksi juga oleh pihak pemerintah . Bahkan sejauh ini ada sejumlah walikota yang berani melawan mafia narkoba.

Munculnya sejumlah walikota pemberani ini ketika adanya perseteruan geng narkoba Meksiko dan Kolombia. Para Walikota inipun memiliki misi khusus untuk menghabisi para pengedar narkoba.

Siapa saja para wali kota yang berani melawan ini ? Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia ulasannya :

1. Rey Uy, Walikota Tagum , Filiphina

11

Salah satu walikota yang berpengaruh dalam pembunuhan bandar Narkoba adalah Rey Uy, mantan wali kota Tagum 1998 hingga 2003. Dirinya berhasil menghaboso 300 bandar Narkoba dibantu dengan para pasukannya. Namun ada pasukan yang membunuh bandar narkoba tersebut dengan di bayar uang senilai Rp1,3 juta setiap kali menyabut nyawa. Pembunuhan bandar narkoba yang dilakukannya ini , Rey mengatakan jika mereka adalah rumput liar yang berbahaya sehingga perlu dibasmi.

“Rey Uy menyebut mereka ini sebagai ‘rumput liar’. Dia dan pejabat kota lain serta polisi menjamin pelaku kriminal akan dibunuh. Pasukan pembunuh di Tagum benar-benar menghabisi pelaku kriminal dan bos-bos mereka,” kata Pheliam Kine dari wakil direktur HRW Asia.

2. Maria Santoss Gorrostieta, Walikota Tiquicheo, Meksiko

22

Maria Santoss Gorrostieta ini merupakan seorang Walikota Tiquicheo, Distrik Michoacan, Ibu Kota Meksiko City, Meksiko, tewas di usia 36 tahun. Maria ini menjadi satu – satunya perempuan yang berani menentang perseturuan antara dua kelompok pengedar narkoba di wilayahnya hingga pada akhirnya Maria ditemukan tewas dibunuh oleh orang tak dikenal. Mayat Maria pertamakali ditemukah oleh seorang warga bernama San juan Tararameo, Kota Cuitzeo. Sebelumnya Mario diduga hilang dari rumah sejak 4 November akibat diculik oleh para bandar Narkoba. Sikap berani melawan para mafia ini menjadi balas dendam para mafia untuk menghabisi nyawa Maria. Maria telah sering mengalami percobaan pembunuhan. Untu pertama kali , Maria akan dibunuh oleh sekelompok Mafia utusan Jose Sanchez dan beberapa orang bersenjata di Kota El Limone mengepung dan menyerangnya, namun dia berhasil melarikan diri. Usaha kedua pembunuhan Maria dilakukan kelompok bertopeng membawa senjata api. Mereka menembaki mobil Maria membabi buta. Luka perempuan itu cukup parah hingga memaksa dia istirahat total. Dalam keadaan luka parah itu , Maria sempat mengunggah fotonya di sosial media. Para mafia pun kembali terancam hingga pada akhirnya mereka melakukan percobaan pembunuhan ketiha dan berhasil membuat Maria tak bernyawa lagi.

3. Rodrigo Duterte, Wali Kota Davao City , Filiphina

33

Rodrigo Duterte, wali kota Davao City, Pulau Mindanao, di selatan Filipina ini juga merupakan salah satu walikota yang berani melawan para mafia narkoba. Dirinya dijuluki ‘the Punisher’ akibat memiliki kebijakan yang melegalkan sekaligus mendorong pembunuhan anggota geng kriminal ataupun bandar narkoba dan bagi yang berhasil membunuh para bandar narkoba itu dirinya akan diberikan sebuah hadiah.  Kebijakan seperti ini dibuat akibat kota Davao merupakan kota yang tidak aman dan rawan akan mafia.

Pada saat Rudrigo ingin memberikan kebijakan tersebut dirinya mengumumkan hadiah USD 120 ribu (setara Rp 1,6 miliar) bebas pajak bagi siapapun warga yang berhasil menyerahkan kepala pimpinan geng setempat dan bagi para pemburu hadiah akan diberi bonus USD 24 ribu. Sepanjang 2005-2008, diperkirakan 700 anggota geng kriminal dan bandar narkoba yang berhasil dibunuh oleh Davao.

4. Ed Murray, wali kota Seattle , Amerika Serikat

4

Ed Murray yang merupakan walikota Seattle , Amerika Serikat ini juga merupakan salah satu walikota yang berhasil melawan mafia. Ed Murray memberikan suatu kebijakan di Kota Seattle, Amerika Serikat dengan membuat suatu gerakan Strategi 9,5 Blok. Ed Murray melakukan misinya itu dengan melakukan penangkapan dan penyamaran sebagai pembeli narkoba mulai dari heroin , marijuana , kokain dan obat – obatan terlarang lainnya. Dan semua transaksi yang dilakukannya itu terekam kamera.

AD: Hotel murah di Indonesia mulai dari Rp 99rb, Pesan di RedDoorz Install Aplikasinya Sekarang!

Nah, itulah dia keempat walikota yang berhasil melawan Mafia.

More From: Menarik