6 Hal Yang Gak Kamu Ketahui Seputar Air Liur


liur

[ads1]Palingseru.com – Air liur merupakan sebuah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar air ludah dan bermanfaat untuk membantu proses menelan makanan. Air liur ini diciptakan memiliki sejumlah kandungan di dalamnya. Mungkin selama ini banyak orang menganggap jika air liur merupakan air yang menjijikan apalagi jika air liur bukan milik diri sendiri. Namun tahukah kamu , sesuatu hal yang dianggap menjijikan seperti air liur ini ternyata memiliki sejumlah fakta menarik di dalamnya.

Beberapa hal yang gak kamu ketahui seputar air liur ini memiliki sejumlah fakta yang luarbiasa yang ternyata bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Seperti yang dilansir dari brilio.net, inilah dia 6 hal yang gak kamu ketahui seputar air liur. Langsung saja simak ulasannya berikut ini :

1. Mencegah kerusakan gigi

Salah satu hal yang selama ini tidak kamu ketahui tentang air liur yakni bisa mencegah kerusakan gigi. Pada dasarnya air liur ini memiliki kandungan polin yang merupakan bagian dari protein yang berfungsi untuk melindungi enamel gigi untuk mencegah gigi rapuh dan berlubang.

2. Untuk menghilangkan jerawat

Percaya atau tidak , air liur ini bisa dijadikan sebagai obat jerawat. Air liur ini memiliki kandungan yang mampu mengempeskan jerawat dengan cara mengoleskan air liur ke wajah sebanyak tiga kali untuk dijadikan sebagai masker.

3. Mampu menyembuhkan luka

Air liur ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka. Air liur ini memiliki kandungan zat histatin yang dapat membantu proses penyembuhan luka dengan berfungsi memb**uh bakteri pada luka untuk mencegah infeksi. Itulah kenapa jika kamu terkena sayatan pisau , seharunya cepat menghisap darah tersebut untuk menghentikan pendarahan.

4. Melindungi lambung

Air liur memiliki kandungan mukosa yang terdiri dari mukopolisakarida dan glikoprotein. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk melindungi lambung dari sekresi asam lambung dan enzim pepsin pencernaan. Itulah kenapa ketika seseorang menjalani ibadah puasa, menelan air liur merupakan suatu hal yang diperbolehkan.

5. Membantu proses pencernaan

Air liur ini merupakan salah satu cairan yang sangat baik untuk membantu proses pencernaan. Dengan adanya air liur ini , makanan yang ada di dalam mulut lebih mudah terdorong menuju ke tenggorokan.

6. Mendapatkan sel DNA

Tahukah kamu jika air liur ini merupakan salah satu cairan yang bisa digunakan untuk mendeteksi sel DNA. Air liur memiliki lapisan sel-sel yang terdapat di lapisan mulut.

Nah, itulah dia sejumlah hal yang tidak kamu ketahui seputar air liur. Mulai sekarang jangan anggap remeh air liur yaa, sejijiknya kamu dengan air liur , faktanya air liur sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh yang lebih baik.


Like it? Share with your friends!