5 Demo Unik Wanita Untuk Meminta Haknya, Mulai dari Bugil Hingga Lepas Jilbab


perempuan-mesir-unjuk-rasa-dengan-pisau-dapur-rev4

Palingseru.com – Kaum wanita di jaman dahulu dengan di jaman sekarang sangat berbeda sekali. Perbedaannya terdapat pada kegiatan mereka yang dulunya wanita hanya diam di rumah, mengurus rumah, mengurus anak dan mengurus suami.

Tapi, semakin berkembangnya zaman, wanita mulai ingin menyetarakan derajatnya dengan kaum lelaki. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari saja sudah tampak jelas, yaitu banyak wanita yang ikut bekerja mencari uang, padahal itu merupakan tugas laki-laki.

Kaum wanita saat ini juga sudah mulai ingin menyuarakan dan menuntut hak-hak mereka dengan cara unjuk rasa.

Seperti yang dibahas berikut ini ada lima demo unik wanita untuk meminta haknya, mulai dari bugil. hingga haknya untuk melepas jilbab.

Nah, mau tau demo unik lainnya dari kaum wanita ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Perempuan Saudi nekat demo nyetir mobil

Diketahui lebih dari 60 perempuan di Arab Saudi melakukan demi dengan mengemudi mobil sebagai bentuk penantangan  terhadap larangan kaum wanita untuk menyetir mobil di negaranya. Sekelompok wanita yang melakukan demo tersebut ingin kaum wanita diperbolehkan untuk memiliki SIM dan mengemudikan mobil sendiri.

2. Perempuan Mesir unjuk rasa dengan pisau dapur

Puluhan wanita di Ibu Kota Kairo melakukan unjuk rasa untuk menentang adanya pelecehan seksual terhadap wanita dengan mengayun-ayunkan pisau dapur. Mereka menentang banyaknya kaum wanita yang menjadi korban pelecehan seksual, mulai dari wanita yang berusia 19 tahun, sampai ibu-ibu yang sudah memiliki suami.

Pelecehan seksual seperti pemerkosaan sangat banyak dilakukan di Kairo sehingga kaum wanita di sana melakukan demo untuk menuntut haknya untuk hidup tenang dan merasa aman.

3. Perempuan Iran kampanye lepas jilbab di Facebook

Alinejad merupakan seorang jurnalis asal Iran yang membuat sebuah kampanye perempuan untuk lepas jilbab di facebook. Alinejad menyebut kampanye itu “Kebebasan Tersembunyi Perempuan Iran.” Alinejad mengaku ia tidak menolak jilbab, tapi menurutnya wanita memiliki untuk memilih berjilbab atau tidak.

Sehingga Alinejad bersihkeras untuk membuat kampanye ini dan berhasil didukung oleh banyak wanita yang mengirim foto-foto mereka ketika tidak menggunakan jilbab saat ditaman dan ditempat umum lainnya.

4. Belasan wanita cantik bercelana jin ketat demo tolak poligami

Terdapat belasan wanita muda cantik dan sejumlah ibu-ibu melakukan demonstrasi di halaman kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Jalan P Diponegoro, Medan. Demo yang mereka lakukan untuk menentang haknya untuk tidak dipoligami oleh laki-laki.

“Ini Hari Kartini. Jadi laki-laki jangan lagi poligami,” kata seorang pendemo Cut Melita.

Para perempuan tersebut merasa tidak terima banyak lelaki yang melakukan poligami. Hal inilah yang membuat mereka melakukan demo untuk menuntut haknya.

“Aksi ini memperingati Hari Kartini. Karena ibu kita Kartini berjuang agar perempuan lebih terhormat, tidak menjadi pemuas nafsu,” kata koordinator aksi Nana di lokasi sama.

5. Dukung perempuan telanjang dada, ratusan wanita demo setengah bugil

Demi mendukung perempuan untuk bertelanjang dada, ratusan wanita demo setengah  bugil di Kanada. Demo ini terjadi ketika ada tiga wanita muslimah yang membuka bajunya di tempat peristirahatan setelah bersepeda. Polisi pun memarahi ke tiga wanita tersebut. Sejak saat itu, ke tiga wanita itu berinisiatif untuk melakukan demo agar wanita diperbolehkan bertelanjang dada di depan umum.

Nah, itulah dia ke lima demo unik wanita untuk menuntut hak mereka.

 

 

 

More From: Menarik