Kenapa Setiap 17 Agustus Ada Lomba Panjat Pinang, Ternyata Seperti ini Sejarah Awalnya


Palingseru.com – Sejak dulu hingga sekarang, Indonesia selalu merayakan Proklamasi Kemerdekaan dengan cara mengadakan beberapa perlombaan seperti balap karung, lomba makan kerupuk, dan yang paling terkenal adalah lomba panjat pinang.

Lomba panjat pinang menjadi perlombaan yang sangat mengasyikan, sebab hadiah yang didapat sangat menarik, dan sangat banyak.

Lalu, apakah kamu tahu dari mana asal perlombaaan panjat pinang ? Dari mana kah perlombaan panjat pinang ini berasal ?

Seperti dilansir Brilio.net, perlombaan panjat pinang ternyata bermula saat zaman penjajahan Belanda dulu. Orang-orang Belanda akan mengadakan perlombaan panjat pinang ini saat perayaan pesta pernikahan, ulang tahun dan lain-lainnya.

Uniknya, yang menjadi peserta dalam perlombaan panjat pinang ini adalah orang-orang Indonesia yang antusias untuk mendapatkan hadiah yang tergantung di batang pinang tersebut.

Orang-orang Belanda akan menertawakan kekonyolan orang Indonesia saat memanjat pohon pinang yang diatasnya terdapat banyak hadiah berupa bahan masakan dan peralatan dapur.

Namun, dari panjat pinang tersebut orang-orang Indonesia akan dapat mengambil sisi positifnya yaitu kekompakan. Orang Indonesia semakin menjadi kompak dengan satu tim untuk dapat mencapai hadiahnya.

Hingga saat ini perlombaan panjat pinang tersebut seperti perlombaan yang wajib untuk diadakaan setiap memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

More From: Taukah Kamu