Ini Alasan Kenapa Tulisan Resep Dokter Sulit dibaca


7226_mengenal_kode_pemakaian_obat

[ads1]Palingseru.com – Pernahkah kamu bertanya – tanya kenapa tulisan dokter itu susah dibaca, bahkan sepertinya dokter itu menulisnya asal – asalan karena yang terlihat hanya garis – garis tanpa ejaan.  Namun jangan salah , tulisan dokter yang terlihat seperti “cacing kepanasan” ini memiliki arti sendiri lho. Bahkan tulisan itu pada dasarnya merupakan tulisan simbol yang hanya bisa dibaca oleh para dokter dan farmasis.

Alasan kenapa tulisan dokter itu susah dibaca karena dalam dunia farmasi sebuah resep obat – obatan itu bersifat rahasia. Pasien tidak boleh tahu tentang resep yang diberikan dokter kepada farmasisnya.

Seorang Farmasis bernama Tika (24), asal Jawa Timur itu mengungkap alasan kenapa tulisan dokter susah dibaca. Tika mengatakan jika umumnya dokter sengaja menuliskan resep dengan tulisan yang susah dibaca pasiennya ini dengan tujuan penulisan untuk menjaga kerahasiaan.

Bahkan Tika sendiri mengungkapkan jika sebelum menjadi farmasis mereka harus lulus mata kuliah yang bernama simulasi resep. Mata kuliah itu mempelajari bagaimana cara membaca resep, menyediakan obat hingga memberi KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) kepada pasien.

“Sebenarnya tidak ada aturan yang jelas di undang-undang dan peraturan yang menyuruh dokter untuk menulis resep dengan tulisan tidak jelas. Tapi pas saya kuliah dulu alasannya sih biar terjaga kerahasiaannya dan tidak disalahgunakan oleh orang lain.” Jadi sebenarnya resep itu surat rahasia antara dokter dan farmasis. Pasien pun sebenarnya tidak boleh tahu tentang isi resep tersebut,” ungkap Tika seperti yang dilansir dari Brilio.net (8/8).

Dan karena setiap dokter ini memiliki ciri khas tulisan yang berbeda – beda , maka seorang farmasis pun harus menguasai tulisan resep dari dokter, itu juga tergantung dari pengalaman kerja seperti yang pernah Tika alami selama menjadi Farmasis.

Dan pada dasarnya tulisan dokter itu bukanlah tulisan sembarangan , tulisan dokter itu bisa disebut sebagai tulisan stenografi yang memang merupakan teknik penulisan rahasia dan hanya orang yang paham stenografilah yang bisa membaca tulisan tersebut.


Like it? Share with your friends!