5 Ledakan Paling Dahsyat dan Mengerikan di Dunia Melebihi Kekuatan Bom Nuklir


C

[ads1]Palingseru.com – Dunia akan bisa hancur seketika dalam hitungan detik jika di bom menggunkan bom nuklir. Namun ternyata ada lagi jenis ledakan yang melebihi bom nuklir hingga dikategorikan sebagai ledakan paling dahsyat untuk menghancurkan dunia. Seperti peristiwa yang terjadi pada insiden Tianjin yang diketahui mengalami ledakan berkekuatan sekitar 21 ton TNT hingga menyebabkan banyak korban jiwa berjatuhan.

Selama ini sejumlah negara yang dibom nuklir dengan bisa menimbulkan ledakan dahsyat ini bukan karena ulah jail, melainkan dengan latar belakang perang yang membuat negara sekutu ingin menghancurkan negara tersebut dengan meluncurkan granat berkekuatan paling dahsyat .

Dan kini ada sejumlah ledakan paling dahsyat bahkan terlihat cukup mengerikan yang pernah terjadi di dunia, diprediksikan jika kekuatan ledakan tersebut melebihi bom nuklir. Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia ulasannya :

1. Ledakan Beruntun Messines

a

Sebuah peristiwa yang begitu mengerikan dengan ledakan yang paling dahsyat terjadi pada saat perang Dunia I, Inggris menyerang balik Jerman.  Terletak di perbatasan Messines-Wytschaete , Inggris meluncurkan granat dengan ledakan setara 455 ton bom ammonal. Peristiwa itu terjadi pada 7 Juni 1917, ledakan yang begitu memekikkan telinga itu bisa memunculkan 19 lubang raksasa dan menariknya pasukan Jerman tak ada yang mengetahui jika Inggris menyerang balik.

Menurut sejumlah ilmuan jika ledakan bom tersebut bisa terdengar hingga negara Irlandia . Dan peristiwa tersebut dicatat sebagai  Rekor Perang Messines sebagai insiden ledakan paling merusak sepanjang sejarah.

2. Ledakan Oppau

b

Ledakan paling dahsyat juga terjadi pada insiden di Kota Oppau, Jerman yang diketahui jika pabrik pupuk milik perusahaan BASF meledak. Peristiwa yang terjadi pada 21 September 1921 itu memunculkan ledakan setara 4.500 ton amoniak hingga 30 kilometer dari pabrik gedung – gedung lainnya pun ikut rusak. Peristiwa tersebut membuat 560 orang tewas di tempat.

3. Ledakan AZF

C

Peristiwa yang memunculkan ledakan paling dahsyat melebihi bom nuklir yakni terjadi di  pabrik AZF yang terletak di Kota Toulouse, Prancis pada 21 September 2001. Gudang penyimpanan yang ledakan ini setara 40 ton TNT. Momen ledakan paling keras memhancur itu disebabkan akibat meledaknya amonial hingga memunculkan ledakan  setara 3,4 skala richter. Peritiwa meledaknya pabrik AZF itu membuat 30 ribu bangunan di sekitar kota Toulose hancur , 29 orang tewas dan mencapai 2.500 orang lainnya luka berat. Tak hanya itu, sekitar 8 ribu karyawan pabrik pun ikut tewas . Dahsyatnya ledakan amoniak itu bisa terdengar hingga jarak 80 kilometer.

4. Ledakan Gudang Peluru Cyprus

d

Pada 11 Juli 2011 silam, terjadi ledakan bom paling dahsyat ketika terbakarnya gudang amunisi milik militer Cyprus di Pangkalan Evangelos Florakis. Pangkalan tersebut meledak hebat hingga ledakannya menjalar ke PLTA Vassillikos. Suara ledakan tersebut terdengar hingga 500 meter dari pangkalan. Tak hanya gudang peluru Cyprus saja yang meledak , tetapi 98 kontainer memuat TNT, mesiu, dan peledak lainnya meledak bersamaan hingga menyebabkan 13 tentara tewas dan 50 lainnya cedera.

5. Insiden Kereta Lac Megantic

e

Insiden Kereta Lac Megantic yang meledak ini tercatat sebagai peristiwa ledakan paling buruk sepanjang lima tahun terakhir. Meledaknya kereta Lc Megantic ini disebabkan akibat kesalahan rem yang menyebabkan kereta keluar jalur. Ledakan tersebut menghantam kawasan padat penduduk di Provinsi Quebec, Kanada. Diketahui juga bila  12 gerbong mengangkut minyak, berkekuatan setara 100 ton TNT hingga menyebabkan 42 orang tewas . Sejak peristiwa itu , 2 ribu penduduk terpaksa mengungsi karena kota Lac Megantic rusak parah.

Nah, itulah dia kelima ledakan paling dahsyat dan mengerikan di dunia melebihi bom nuklir.


Like it? Share with your friends!