5 Tradisi Unik yang Selalu ada Ketika 17 Agustusan


Palingseru.com  – Sejak dulu hingga sekarang Masyarakat Indonesia selalu memeriahkan Hari Proklamasi Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus.

Dihari ini seluruh masyakarat Indonesia akan memeriahkanya dengan berbagai hal. Biasanya masyarakat Indonesia memiliki beberapa tradisi unik yang selalu dilakukan setiap tahunnya untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ini.

Seminggu belumnya, pasti sudah akan terasa euforia-nya, dengan berbagai pernak-pernik yang dipasang di sepanjang jalan atau pun didepan rumah. Lalu tradisi-tradisi unik yang akan selalu terlihat ketika akan menyambut hari kemerdekaan ini.

Nah, mau tau apa saja tradisi-tradisi unk yang selalu ada ketika 17 Agustusan ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Pedagang bendera dipinggir jalan

1

Kita lihat saja, seminggu sebelum 17 Agustus, pasti akan banyak para pedagang yang berada di pinggir jalan untuk menjual bendera Merah Putih. Biasanya para pedagang musiman ini akan  berdagang ditepi-tepi jalan raya, dimana banyak orang yang berlalu lalang.

2. Lomba-lomba

2

Beberapa hari menjelang 17 Agustus biasanya akan diadakan beberapa perlombaan tradisional untuk memeriahkan hari Kemerdekaan ini. Biasanya lomba yang diadakan pun merupakan lomba-lomba tradisional seperti lomba panjat pinang, lomba balap karung, lomba makan kerupuk, dan masih banyak lagi.

3. Renungan suci

3

Acara yang sangat penting yang selalu dilakukan setiap tahunya adalah renungan suci, yang dilakukan di taman makam pahlawan untuk mengenang dan menghayati perjuangan para pahlawan yang sudah pergi mendahului kita. Renungan suci ini biasanya dilakukan oleh para militer dan juga masyarakat Indonesia yang ikut melakukannya.

4. Upacara Bendera4

Upacara Bendera menjadi hal pertama yang selalu dinantikan oleh masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Upacara Bendera ini bahkan menjadi hal yang paling didahulukan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan tak hanya sekolah dan institusi pemerintah, hampir setiap kantor swasta mengadakan upacara bendera.

5. Selamatan kampung

5

Selamatan kampung selalu dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada saat 17 Agustus. Biasanya mereka akan membuat tumpeng berwarna merah putih untuk menyambut hari ulang tahun republik tercinta.

Nah, itulah dia ke lima tradisi unik yang selalu dilakukan oleh masyarakat Indonesia setiap tahunnya.

 


Like it? Share with your friends!