5 Perang Besar yang Terjadi Untuk Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia


5-pertempuran-besar-usai-proklamasi-pertahankan-kemerdekaan

Palingseru.com – Walaupun dinyatakan sudah merdeka pada saat Presiden Ir. Soekarno membacakan Naskah Proklamasi Kemerdekaan, tetap saja Belanda dan Jepang belum juga mau berhenti untuk mengambil lagi wilayah yang pernah ia kuasai tersebut.

Meskipun begitu pemuda Indonesia tetap berjuang keras untuk mempertahakan Indonesia agar tak jatuh lagi pada Belanda maupun Jepang. Bahkan mereka berkorba nyawa untuk mempertahankan kemerdekaan.

Dengan usaha keras dan perjuangan yang penuh semangat pemuda Indonesia pun mampu melawan para penjajah dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Nah, berikut ini diketahui ada lima perang besar yang terjadi untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia seperti dilansir Merdeka.com.

1. Perebutan Pangkalan Udara di Bugis Malang 18 September 1945

Pangkalan Udara Bugis Malang menjadi rebutan pada saat 18 September 1945. Namun pangkalan ini berhasil diserbu oleh pejuang militer dan juga rakyat hingga berhasil mendudukinya. Beberapa pesawat terbang musuh pun berhasil dirampas dan menjadi modal awal bagi pembentukan kekuatan udara Indonesia saat itu.

2. Pertempuran 5 hari Semarang 14-19 Oktober 1945

Tepat pada tanggal 14 Oktober 1945, para pemuda Semarang bergerak merebut gedung-gedung yang diduduki oleh Jepang, khususnya di daerah Candi Baru. Namun, keesokan harinya tentara Jepang sebanyak 1.500 orang  kembali menyerang kota Semarang, hingga akhirnya  para pemuda berhasil ditangkap oleh Jepang.

Tapi, hal tersebut tidak mematahkan semangat pemuda Indonesia. Malah dengan hal tersebut pemuda berhasil membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR), Polisi Istimewa, Angkatan Muda, dan lain-lain. Hingga akhirnya, pertempuran hebat terjadi di dalam kota, yaitu di Kantor Besar Jawatan Kereta Api, Gedung Kempetai, Bojong, Bulu, Pendrikan.

3. Pertempuran Krueng Panjoe, Aceh 24 November 1945

Pertempuran Krueng Panjoe ini terjadi ketika pasukan Jepang bergerak hendak merebut kembali Kota Bireuen dan dihadang oleh pemuda Indonesia. Pertempuran pun terjadi hingga pasukan Jepang akhirnya menyerah. Diketahui korban dari Jepang sebanyak 28 orang sedangkan di Indonesia hanya sekitar 7 orang saja.

4. Pertempuran Bogor 8 Desember 1945

Pertempuran ini terjadi pada saat  pembesar-pembesar Indonesia menolak memberikan Istana Bogor kepada Inggris, sehingga Inggris datang menyerang Istana Bogor dan menurunkan bendera Merah Putih. Jelas saja aksi serangan ini membuat para pemudi marah dan akhirnya menyerang pasukan Inggris yang telah menginjak-injak kedaulatan Republik Indonesia.

5. Pertempuran Ambarawa 12-15 Desember 1945

Tentara Inggris berhasil menduduki dua desa di sekitar Ambarawa. Pertempuran pun terjadi untuk merebut kembali dua desa tersebut dari jajahan Inggris. Akhirnya kedua desa tersebut berhasil direbut kembali setelah bertempur selama tiga hari.

Nah, itulah dia ke lima perperangan  yang terjadi untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

 


Like it? Share with your friends!