Sejarah Kelam dibalik Kemeriahan Tradisi Panjat Pinang


panjat-pinang-kemerdekaan

[ads1]Palingseru.com – Tradisi panjat pinang merupakan tradisi yang paling ada di Hari Kemerdekaan Indonesia. Bahkan panjat pinang ini sudah menjadi simbol perayaan hari Kemerdekaan Indonesia setiap tahunnya. Tak hanya di kota, di desa dan dimana – mana pun pasti tradisi panjat pinang selalu ada pas hari Kemerdekaan. Namun tahukah kamu bagaimana sejarah panjat pinang ini terjadi ?

Awal mula panjat pinang ini terjadi pada tahun 1915 pada masa penjajahan di papua yang pada saat itu sedang heboh dengan Koleksi Tropenmuseum Belanda. Menurut warga setempat jika hari Kemerdekaan harus memiliki tradisi khusus. Mulai saat itulah panjat pinang di jadikan sebagai tradisi simbolik untuk merayakan hari Kemerdekaan NKRI.

Panjat pinang yang dilakukan dengan memerlukan beberapa orang untuk naik ke batang pinang yang telah diberi pelumas untuk berbeut hadiah yang berada dipuncak batang pinang.

Mereka pun harus bersusah payah dahulu untuk bisa memanjat pohon pinang berdiameter tinggi dan dilumuti pelumas ini untuk bisa mendapatkan hadiahnya.

Dan kenapa panjat pinang ini yang digunakan sebagai tradisi kemerdekaa. Hal ini dikarenakan panjat pinang memiliki arti dari Kemerdekaan bangsa Indonesia.

Panjat pinang ini mengartikan sebuah  kerja sama yang kuat dan usaha yang keras untuk bisa mencapai puncak dan bisa membawa sebuah kemenangan.

Namun dalam sejarah kelam panjat Pinang telah ada sejak jaman penjajahan belanda yang pada saat itu diselenggarakan di hajatan besar yang diadakan oleh warga belanda. Para warga pribumi yang ikut tradisi panjat pinang ini pun berebut hadiah yang ada di puncak pinang sehingga mereka harus bersusah payah dulu untuk bisa memanjat sampai kepuncak pinang yang dilumuri pelumas.

Hadiah yang ada di puncak pinang itu dulunya adalah bahan makanan, pakaian dan barang yang sangat mewah. Dan siapa yang bisa mencapai puncak inilah yang bisa membawa hadiah itu pulang yang nantinya di bagi rata dengan satu regunya.

Bahkan untuk saat ini panjat pinang ini merupakan moment paling di tunggu – tunggu setiap warga bahkan kemeriahannya melebihi upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih.

More From: Taukah Kamu