Ini Kata PBNU Sola Nama Tuhan dan Syaiton


Preskon_Ketua_PBNU_terkait_ISIS__foto_3_

Palingseru.com – Nama Tuhan dan nama Saiton kini semakin menjadi bahan perbincangan hangat oleh masyarakat setelah namanya dipublikasikan oleh media.

Pertama ada nama Tuhan yang merupakan seorang warga Desa Kluncing, Kecamatan Licin, Banyuwangi, Jawa Timur. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) Said Aqil Siradj pun meminta agar nama itu diganti.

“Nama Tuhan itu tidak etis lah. Akan lebih baik kalau diganti namanya,” ujar Said di Istana Kepresidenan, Jakarta, seperti dilansir Liputan6.com.

071596400_1440313208-20150823-Nama-Tuhan-Banyuwa

Said Aqil Siradj mengatakan bahwa islam mengajarkan  agar seorang muslim memberi nama untuk anak-anaknya yang bermakna baik dan tidak berlebih-lebihan.

Said menyarankan untuk pria yang memiliki nama Tuhan agar menambahkan nama di belakangnya agar tidak terkesan aneh.

“Nabi katakan begitu, berilah nama pada anak-anak mu sekalian dengan nama yang baik. Ya kalau enggak mau ganti, tambah saja, supaya tidak terkesan Tuhan, misalnya Hamba Tuhan,” kata dia.

Sedangkan pria yang bernam Saiton juga demikian. Said menganjurkan jika namanya diganti dengan nama yang memiliki arti yang lebih baik.

088023600_1440636516-20150827-Saiton_nama_unik-Palembang

Namun, Saiton yang merupakan warga Perumahan Taman Mekarsari Blok D2 Desa Sugirawas Kelurahan Talang Jambi, Kecamatan Sukarami, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel)  itu mengaku nama itu merupakan pemberian dari almarhum orangtuanya.

“Itu juga tidak etis ya. Berilah nama anakmu dengan nama-nama yang baik. Jangan nama Harb, artinya perang. Saidina Ali (Sahabat Nabi Muhammad SAW) saja waktu mau menamakan anaknya Harb, perang. Enggak boleh oleh Rasul, akhirnya namanya diganti menjadi Hasan,” kata Said.

 


Like it? Share with your friends!