7 Manfaat Masak Menggunakan Lengkuas Bagi Kesehatan Kamu


suka-masak-pakai-lengkuas-ini-7-khasiatnya-bagi-tubuh

Palingseru.com – Lengkuas merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya, lengkuas ini digunakan oleh orang-orang sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional.

Lengkuas memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, beberapa penyakit bisa disembuhkan dengan menggunakan lengkuas.

Tapi, kali ini kita akan membahas tentang manfaat-manfaat masak menggunakan lengkuas untuk kesehatan tubuh kamu. Nah, pasti penasaran kan  apa manfaatnya masak dengan menggunakan lengkuas ?

Tunggu apa lagi, yuk langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Menjaga pencernaan

Tahukah kamu bahwa lengkuas merupakan bumbu yang bisa bermanfaat untuk menjaga pencernaan. Lengkuas diketahui bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh  peradangan atau penyakit pada sistem pencernaan.

2. Anti-penuaan

Lengkuas ternyata bisa digunakan untuk menyehatkan kulit. Tak hanya menyehatkan lengkuas juga mempercantik kulit loh. Jus lengkuas diketahui dapat memberi banyak antioksidan yang bermanfaat untuk anti penuaan.

3. Membuang racun dari tubuh

Sifat antioksidan yang banyak terkandung dalam lengkuas bisa bermanfaat untuk membuang racun didalam tubuh. Sebab, antioksidan bekerja untuk mencegah radikal bebas yang bersifat merusak kulit.

4. Mengatasi ketombe

Jika kamu mengalami masalah kotembe, kamu bisa memanfaatkan lengkuas untuk menghilangkannya. Caranya dengan mengambil minyak lengkuas, atau mencampurkan parutan lengkuas dengan menggunakan minyak wijen untuk disapukan pada kulit kepala secara rutin.

5. Menghilangkan bekas luka 

Lengkuas juga dapat menghilangkan bekas luka yang mengganggu kecantikan kulit kamu. Caranya mudah, hanya dengan menggosokan irisan lengkuas sebanyak 2-3 kali setiap hari, maka bekas luka pada kulit akan segera menghilang.

6. Mengobati diare

Kandungan didalam lengkuas juga dapat membantu mengobati diare. Caranya dengan memakan beberapa irisan lengkuas, maka diare kamu pun akan segera sembuh.

7. Kaya vitamin dan mineral

Lengkuas banyak mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Tapi selain itu, lengkuas juga kaya akan vitamin A dan C, natrium dan juga zat besi.

Nah, itulah dia ke tujuh manfaat masak dengan lengkuas.

 


Like it? Share with your friends!