6 Alasan Kenapa Obat Anti Biotik Harus Kamu Habiskan


Antibiotik-730x430

[ads1]Palingseru.com – Ketika tubuh dalam kondisi lelah dan sistem imun tubuh melemah maka tak heran bila seseorang mudah diserang berbagai macam penyakit. Ditambah lagi perubahan cuaca yang tidak sehat seperti di musim kemarau ini banyak sekali debu , asap , dan udara yang tidak segar ini membuat banyak orang terserang penyakit. Salah satu hal yang biasa dilakukan banyak orang ketika sedang sakit yakni dengan mengkonsumsi obat antibiotik yang biasanya diberikan oleh dokter.

Namun banyak orang yang tidak mengetahui kenapa setiap check up ke dokter, pasti selalu di beri resep obat antibiotik dan obat tersebut harus segera di habiskan.

Ada sejumlah alasan yang mengatakan kenapa obat antibiotik tersebut harus dihabiskan. Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia sejumlah alasan kenapa obat antibiotik harus dihabiskan.

1. Bakteri bisa tumbuh lagi

Salah satu alasan kenapa obat antibiotik ini harus dihabiskan karena seseorang yang sedang sakit itu disebabkan banyaknya virus dan bakteri yang sedang menyerang sistem imun tubuh. Nah , inilah fungsi dari obat antibiotik yakni berguna untuk memb**uh bakteri . Obat antibiotik ini harus dihabiskan guna mencegah bakteri tersebut tubuh kembali. Nah, itulah kenapa jika resep dari dokter itu harus dihabiskan agar virus di dalam tubuh benar – benar terbasmi dan tidak kambuh lagi.

2. Infeksi bisa kambuh

Obat antibiotik tak hanya berguna untuk membasmi bakteri dan virus , tetapi bisa juga untuk menyembuhkan infeksi di dalam tubuh. Tubuh akan mudah sakit bila terkena infeksi virus – virus yang menyerang sistem kekbalan tubuh. Untuk itu disarankan agar menghabiskan obat antibitotik agar infeksi cepat memulih dan tubuh cepat sehat kembali.

3. Antibiotik tidak akan bekerja secara maksimal

Banyak orang paling susah minum obat antibiotik karena rasa pahit , baunya yang tidak sedap dsb. Namun dokter telah memberikan resep obat antibiotik dalam dosis tertentu ini guna membuat obat tersebut bekerja secara maksimal di dalam tubuh. Akan tetapi, bila obat antibiotik itu tidak dihabiskan maka tidak akan bekerja maksimal dan bisa membuat kamu terserang penyakit kembali.

4. Sistem kekebalan tubuh masih lemah

Salah satu alasan kenapa obat antibiotik ini harus dihabiskan karena untuk membuat sistem kekebalan tubuh kamu meningkat. Kondisi tubuh yang sedang sakit ini akibat kekebalan tubuh melemah sehingga mudah terserang virus penyakit . Nah itulah kenapa jika obat antibiotik ini harus segera dihabiskan agar sistem kekebalan tubuh meningkat dan tubuh akan lebih sehat kembali.

5. Mempercepat proses pemulihan

Berusaha untuk sehat dari sakit itu adalah tujuan dari banyak orang. Bisa sembuh dalam waktu cepat ini sangat sulit bila kamu tidak menghabiskan obat antibiotik. Dokter memberikan obat antibiotik ini guna kamu cepat pulih dari sakit dan cepat sehat kembali.

6. Terhindar dari infeksi yang sama

Salah satu alasan kenapa obat antibiotik harus segera dihabiskan ini agar kamu terhindar dari infeksi yang sama. Infeksi virus yang tiba – tiba bisa menyerang tubuh ini lah yang harus dicegah. Dengan rajin mengkonsumsi obat antibiotik maka akan mencegah kamu terinfeksi virus penyakit.

Nah, itulah dia keenam alasan kenapa obat antibiotik harus dihabiskan.


Like it? Share with your friends!