Hati Hati, Aplikasi Senter di Ponsel Ternyata Bisa Mencuri Data dan Memata Matai Kamu


senter-gratis_20150907_130956

Palingseru.com – Tanpa disadari ternyata selama ini jutaan orang telah dimata-matai oleh aplikasi gratis yang mereka instal pada ponsel mereka sendiri.

Aplikasi tersebut adalah aplikasi senter yang tersedia secara gratis untuk smartphone Android. Aplikasi senter ini digunakan untuk penerang saat gelap. Tapi ternyata secara diam-diam aplikasi ini dapat merekam informasi pribadi pengguna ponsel seperti lokasi ponsel, rincian pemiliknya dan kontak, bahkan isi pesan teks.

Data yang dicurinya tersebut akan dikirim ke perusahaan riset pasar dan biro iklan untuk melacak kebiasaan belanja pengguna. Bahayanya lagi data pribadi kamu bisa juga di kirim ke para hacker yang telah membuat aplikasi tersebut untuk mendapatkan data pribadi dari konsumen yang dapat memberikan mereka akses ke rekening bank, yang berakhir pada pembobolan rekening.

Beberapa aplikasi senter yang diketahui memata-matai data pribadi pengguna yaitu, Super-Bright LED Flashlight, the Brightest Flashlight Free and the Tiny Flashlight+LED.

1

2

3

Sebenarnya sebelum mendownload aplikasi tersebut tercantum peringatan tertulis bahwa data akan diteruskan ke pihak ketiga dalam persyaratan panjang dan kondisi (terms and conditions). Tapi seringkali pengguna tak pernah membacanya.

“Kita semua telah menjadi korban dengan menginstal banyak aplikasi pada smartphone dan tablet yang melakukan lebih dari layanan yang harus mereka berikan. Tanpa sengaja kita telah membuka Kotak Pandora untuk dimangsa predator online, penjahat cyber dan mata-mata, semua melalui aplikasi bodoh yang kita percayai ini”, kata Mr Miliefsky.

Namun, ancaman ini tidak berlaku untuk built-in senter di iPhone Apple.

 

More From: Tekno