4 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui di Balik Gerhana Bulan Darah


4-fakta-wajib-tahu-tentang-gerhana-bulan-darah-28-september

Palingseru.com – Baru-baru ini terjadi  sebuah fenomena astronomi langka, yakni gerhana bulan merah raksasa, sekitar pukul 8-9 pagi WIB. Fenomena ini memang jarang terjadi dan hanya akan bisa disaksikan di kawasan benua Amerika, Afrika, dan Asia Barat.

Saking langkanya fenomena gerhana bulan darah ini, akan terjadi lagi pada tahun 2033 setelah terjadi di tahun 1982.

Selain sangat langka, ada bayak hal menarik yang wajib kamu ketahui dibalik gerhana bulan darah. Mau tau seperti apa ? Mari kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Senjata Christopher Colombus tipu suku Indian

Christopher Colombus menggunakan gerhana bulan darah untuk menipu suku Indian asli Jamaika. Saat itu ia memiliki masalah dengan penduduk pribumi. Colombus pun mengatakan suku asli Jamaika untuk memperlakukan dia dan krunya dengan baik, jika tidak Dewa akan marah. Dan ketika gerhana bulan darah muncul pun Colombus suku asli Jamaika langsung berbondong-bondong memberi Colombus makanan.

2. Gerhana bulan darah 28 September disebut tanda kiamat

Dalam kurun waktu dua tahun, gerhana bulan darah sudah terjadi sebanyak 4 kali. Yang pertama terjadi pada tahun 2014, gerhana bulan darah ketiga pada malam Paskah lalu, sementara gerhana bulan darah terakhir terjadi hari ini. Hal ini pun membuat Pastur Hagee berpendapat bila ini adalah tanda ‘akhir zaman’.

3. Gerhana bulan darah tak berbahaya

Menurut badan antariksa NASA, gerhana bulan darah ini tidak berbahaya  dan tidak berdampak bagi manusia. Warna merah tersebut diakibatkan karena bulan tertimpa bayangan dari Bumi.

4. Ini alasan blood moon bisa berubah jadi supermoon

Bulan darah bisa berubah menjadi lebih besar  dari biayanya. Hal ini terjadi karena  bulan berada di lintasannya yang memiliki jarak paling dekat dengan Bumi. Inilah yang membuat blood moon bisa terlihat lebih besar dan lebih terang.

Nah, itulah dia ke empat hal yang harus kamu ketahui tentang blood moon.

 


Like it? Share with your friends!