5 Hal Yang Gak Kamu Ketahui Seputar Penemuan Air di Mars Yang Bikin Heboh Dunia


nasa-tak-bisa-segera-teliti-air-di-mars-rev1

[ads1]Palingseru.com – Mars merupakan salah satu planet yang paling dekat dengan matahari yang hadir dengan warna kemerah – merahan sehingga di juluki sebagai “planet merah”. Baru – baru ini ada sejumlah pernyataan yang menghebohkan dimana NASA dikabarkan telah menemukan sebuah bukti terbaru dengan munculnya penemuan adanya tanda air di mars.

Penemuan air di planet mars pada senin (29/9/2015) itu awalnya ditemukan sebuah jejak aliran air di beberapa dinding kawah Mars dan banyak yang mengatakan jika ini adalah peluang masa depan.

Ada banyak hal yang gak kamu ketahui seputar penemuan air di mars yang bikin heboh dunia. Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia diantaranya :

1. Air di Mars Asin dan Hanya Muncul di Musim Panas

Salah satu hal yang gak kamu ketahui seputar penemuan air di mars yang bikin heboh adalah air di Mars dikatakan jika airnya asin dan hanya muncul di musim panas.  Penemuan ini pun ditemukan oleh NASA yang akhirnya bisa memastikan bila garis-garis hitam yang sering muncul di saat musim panas di Mars. Air di mars itu berupa butiran batu yang mencair akibat sinar matahari dan mencair membentuk aliran air.  Menurut penelitiannya juga jika aliran air sungai ini juga bisa dikonsumsi akibat terbentuk dari mineral-mineral yang terhidrasi dan akrab disebut pechlorate.

2. Aliran Air di Mars Pertama ditemukan Pemuda berumur 21 Tahun

Salah satu fakta yang tidak kamu ketahui tentang planet Mars adalah aliran air di Mars ini pertama kali ditemukan oleh seorang pemdua berusia 21 tahun dan sudah terlihat sejak tahun 2011 lalu. Pemuda ini bernama Lujendra Ojha asal Georgia Institute of Technology. Ojha mengatakan jika awalnya dirinya menemukan garis-garis gelap yang hanya terlihat saat musim panas dan menghilang saat suhu Mars menurun atau semakin dingin. Kemunculan air di Mars ini pun muncul mengikuti aliran matahari .

3. Asal Usul Air di Mars Masih Misterius

Penemuan air di Mars ini juga dikabarkan oleh NASA yang muncul di tempat lokasi, yakni kawah Palikir, kawah Horowitz, kawah Hal, dan lembah Coprates. Namun salah satu hal yang masih janggal jika NASA belum mengetahui darimana sumber air tersebut. Menurut sejumlah teori sementara jika air itu berasal dari lapisan es di permukaan Mars, kondensasi air dari atmosfer, dan perubahan cuaca . Namun munculnya air di Mars ini hanya dalam waktu dekat saja.

4. NASA Tak bisa segera Teliti Air di Mars

Salah satu pengakuan jika NASA tak bisa segera meneliti air di Mars karena kurang mendukungnya kendaraan penelitian NASA di Mars ‘Curiosity’ yang diketahui belum mampu mengeksplorasi dan melakukan penelitian akibat stok bor yang steril untuk penelitian sudah dibuka sebelum peluncuran dan bor tambahan melekat pada rover sehingga tidak mendukung untuk bisa melakukan penelitian saat ini. Namun bukan karena hal itu saja , NASA tidak bisa segera teliti air di Mars akibat lokasi tersebut tidak bisa dikunjungi oleh Curiosity karena medan yang berat.

5. Air di Mars adalah Tanda Adanya Kehidupan

Penelitian air di Mars ini di duga rasanya asin , NASA mengatakan jika air tersebut akan memberikan peluang bagi alien Mars untuk tetap hidup. Namun diketahui bila air di Mars ini tidak ada tandanya kehidupan, hanya saja planet Mars ini banyak dihuni oleh para alien . Namun tidak bisa dipungkiri juga dengan kondisi air asin juga bisa memunculkan tanda kehidupan seperti mikroba. Contoh alien di Mars mungkin bakal mirip dengan mikroba yang ada di Antartika. NASA juga mengatakan jika air adalah sumber daya yang besar untuk masa depan misi Mars dan kolonisasi manusia di Mars.

Nah, itulah dia kelima hal yang tidak kamu ketahui seputar penemuan air di Mars yang bikin heboh dunia.

More From: Taukah Kamu