4 Arti Dari Gerhana Bulan dari Berbagai Belahan Dunia


657xauto-ini-mitos-dari-berbagai-negara-tentang-gerhana-bulan-150404n

Palingseru.com – Gerhana bulan termasuk salah satu fenomena alam dimalam hari. Gerhana bulan ini sudah terjadi sejak zaman sebelum masehi.

Fenomena alam yang cukup menakjubkan ini ternyata memiliki arti tertentu loh dari masing-masing negara di dunia. Seperti ke empat arti gerhana bulan berikut ini yang dipercaya diberbagai negara belahan dunia.

Mau tau seperti apa ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Brilio.net.

1. Bukti Kesedihan karena putra Rasulullah meninggal

Pada masa Rasulullah pernah terjadi gerhana bulan , dimana berdekatan dengan gerhana tersebut putra Rasulullah yang bernama Ibrahim meninggal dunia. Masyarakat pun mempercayai jika gerhana bulan sebagai tanda kematian seseorang.

Lalu, setelah shalat gerhana, Rasulullah pun bersabda untuk menghilangkan mitos yang menyesatkan tersebut. Isi sabdanya adalah :

“Sesungguhnya matahari dan bulan merupakan dua tanda kekuasaan Allah Azza wa Jalla. Terjadinya gerhana matahari atau bulan itu bukanlah karena kematian seseorang atau kehidupannya. Oleh karena itu, jika kau menyaksikan gerhana bergegaslah untuk mengerjakan shalat,” (HR Muslim).

2. Tanda kemurkaan Tuhan

Gerhana bulan dipercaya sebagai tanda datangnya bencana alam pada masa Yunani kuno. Bencana tersebut dipercayai jika Allah telah murka kepada umatnya.

3. Jaguar akan memakan bulan

Bangsa Inca kuno percaya jika gerhana bulan merupakan tanda dari datangnya hal buruk. Mereka percaya setelah jaguar memakan bulan, maka jaguar tersebut akan turun ke bumi dan memakan semua manusia.

Untuk menggagalkannya, orang-orang senantiasa akan membuat suara yang ribut seperti berteriak, memukul gendang dan sebagainya.

4. Bulan sedang sakit dan berdarah

Hupa yang merupakan suku asli Amerika mempercayai jika  gerhana bulan adalah tanda  bahwa bulan sedang sakit karena diserang oleh hewan peliharaannya sendiri.

Mereka percaya jika bulan memiliki banyak istri dan hewan peliharaan. Jika bulan terlambat memberi makan, maka hewan peliharaannya akan menyerangnya hingga berdarah dan istri-istrilah yang akan menyembuhkan lukanya.

Nah, itulah dia arti gerhana bulan dari berbagai belahan dunia.

 


Like it? Share with your friends!