Ini alasan Kenapa Jodoh kamu Terkadang Wajahnya Mirip


Benarkah Mitos Wajah Mirip Berarti Jodoh

[ads1]Palingseru.com – Saat menjalin hubungan cinta , banyak orang yang mengatakan jika pasangan memiliki wajah yang mirip dengan kita itu tandanya jodoh kita. Tidak ada fakta jelas apakah benar pasangan yang mirip dengan kita itu adalah tulang rusuk kita , namun yang jelas banyak orang yang mukanya mirip ini bisa menjalin hubungan yang langgeng.

Sejumlah mitos juga mengatakan jika jodoh kamu adalah orang yang punya wajah mirip dengan kamu . Namun sebuah mitos itu belum tentu benar faktanya.

Dari sejumlah penelitian yang dilakukan oleh The New York Times, sekitar tahun 1987 mengatakan jika ada sejumlah alasan kenapa jodoh kamu terkadang mirip. Dalam penelitian tersebut melibatkan sepasang kekasih yang pada awalnya terlihat tidak punya kemiripan. Namun setelah 25 tahun mereka menikah, wajah mereka terlihat mirip dan pasangan tersebut pun terlihat semakin bahagia.

Dalam penelitian itu mendapatkan hasil dugaan sementara dimana kemiripan setiap pasangan yang memang sudah berjodoh itu bisa timbul dari saling berbagi emosi selama beberapa dekade, seperti yang disampaikan oleh Robert Zajonc, seorang psikolog di University of Michigan, Amerika Serikat.

Penelitian tersebut juga dengan cara memberikan foto hitam-putih dari wajah random, kemudian diinstruksikan untuk mencocokkan antara pria dan wanita yang paling mirip. Dua puluh empat foto-foto itu terdiri dari pasangan yang baru saja menikah, sementara dua puluh empat lainnya adalah foto-foto pasangan yang sudah 25 tahun menikah, sebagian besar diambil pada waktu peringatan perayaan pernikahan perak mereka. Semua pasangan ini tinggal di Michigan dan Wisconsin (keduanya di Amerika Serikat) dan berusia 50 dan 60 tahun pada foto kedua (usia pernikahan 25 tahun).

Dan satu alasan kenapa jodoh itu mirip dengan kita karena seseorang memiliki kesempatan untuk saling mencari kemiripan dalam menjalani hubungan yang lebih lama.

Robert Zajonc, seorang psikolog di University of Michigan, Amerika Serikat juga mengatakan jika  kemiripan itu bisa datang akibat seseorang lebih punya kesempatan untuk meniru ekspresi wajah pasangan mereka dalam urusan empati dan bahwa selama bertahun-tahun mereka berbagai ekspresi yang sama dengan wajah yang sama.

Hal tersebut juga karena setiap pasanga bisa melatih otot Рotot wajah untuk membentuk sebuah kemiripan.  Namun ini belum final, sebab penemuan oleh Robert ini sempat dibantah oleh psikolog dari University of California Medical School, San Francisco, Amerika Serikat jika tidak ada kaitannya jika aliran darah membentuk wajah.

“Pengalaman hidup pasangan selama bertahun-tahun bisa saja dapat mengubah otot dan kerutan pola wajah, yang menyebabkan kemiripan semakin meningkat. Akan tetapi tidak ada alasan untuk percaya bahwa itu ada kaitannya dengan aliran darah ke otak,” Ekman.

Louis D’Alecy, profesor fisiologi dan operasi di University of Michigan, Amerika Serikat, yang berkata, pun juga mendukung pendapat Ekman tersebut

“Memang aliran darah di wajah dapat memengaruhi suhu dan darah di otak, tapi sulit dijelaskan bagaimana hal ini akan memengaruhi aktivitas bahan kimia di otak. Ketika kamu melihat wajah orang yang terlihat seperti wajahmu, kamu cenderung percaya lebih dan berpikir bahwa dia bisa kooperatif,” kata Tony Little, peneliti di bidang psikologi dari University of Stirling, Skotlandia.

Nah, jika kamu banyak dibilang mirip dengan pasangan kamu ini juga karena faktor hubungan yang sudah lama , tingkah laku yang mirip sehingga banyak orang mengatakan kemiripan keduanya bisa menjadikan pasangan yang serasi.

More From: Taukah Kamu