Makanan Jatuh sebelum 5 Menit katanya Aman di Makan berikut Fakta Yang Wajib Kamu Ketahui


index

[ads1]Palingseru.com – Pernahkah kamu melihat seseorang yang terlalu sayang dengan makanannya yang jatuh dilantai dan masih tetap diambil lagi katanya biar ndak mubazir. Bahkan orang biasanya menyebut “eh belum lima menit” , sebutan seperti itu sudah menandakan jika orang itu percaya bila makanan yan jatuh belum lima menit masih layak dimakan. Padahal ada sejumlah fakta yang wajib kamu ketahui jika makanan yang sudah jatuh lima menit itu sudah tidak aman untuk dimakan.

Mitos tentang makanan yang jatuh sebelum 5 menit ini katanya aman di makan hanya sebuah candaan belaka. Namun yang lebih hebatnya lagi jika mitos ini tak hanya dipercayai orang Indonesia saja, tetapi juga orang luar negri.

Menurut sejumlah penelitian jika makanan yang jatuh dilantai itu sebaiknya jangan dimakan kerena makanan yang jatuh tersebut sudah terkontaminasi langsung dengan bakteri atau kuman .

Makanan yang terkontaminasi bakteri ini tidak menunggu lamanya waktu, saat jatuh itulah kuman di lantai langsung menempel dimakanan dengan cepatnya.

Rachel William, seorang ahli nutrisi dari Australia, mengatakan jika tidak ada aturan lima detik untuk mengkonsumsi makananĀ  yang sudah jatuh dilantai.

“Tidak ada aturan lima detik. Itu hanyalah mitos. Kami tidak merekomendasikannya,” ujar Rachel William.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui tipe – tipe makanan yang bagaimana yang paling membahayakan untuk dikonsumsi jika sudah jatuh ke lantai. Tipe makanan yang paling berbahaya adalah makanan yang bertekstur basah atau makanan sejenis daging mentah, keju, nasi, dan makanan yang sudah diolah.

Namun bila makanan sejenis biskuit, kue, atau beras atau golongan makanan kering ini tidak terlalu berbahaya jika baru jatuh dan hendak dimakanan karena makanan jenis ini bakteri masih sulit berkembang.

Ada sejumlah penelitian yang dilakukan dalam Clemson University dengan mengolesi ubin lantai dengan bakteri penyebab tipus, kemudian menjatuhkan potongan roti dan sosis di atasnya. Hasil yang ditemukan adalah bukan hanya bakteri dan kuman penyebab tipus yang mampu bertahan hingga 28 hari di ubin, namun juga bakteri lain yang ikut menempel di potongan makanan yang telah jatuh.

Untuk itu sebaiknya kebiasaan memakan makanan yang sudah jatuh dilantai itu harus ditinggalkan demi kesehatan tubuh yang lebih baik.


Like it? Share with your friends!

1
1 share

More From: HOT ISU