Ini Arti Simbol Simbol yang ada pada Obat, Kamu Wajib tahu nih


657xauto-ini-arti-5-simbol-pada-kemasan-obat-simbol-pada-obat-150428u

[ads1]Palingseru.com – Ketika kamu mengkonsumsi obat , apakah kamu telah tahu simbol – simbol pada obat tersebut ? sebagian pasien terkadang tidak tahu dengan arti simbol – simbol yang ada pada obat yang pada akhirnya bisa membahayakan kesehatan jika kamu salah meminumnya.

Obat menjadi salah satu resep dokter yang bisa menyembuhkan peyakit. Simbol – simbol yang ada pada obat ini merupakan salah satu simbol yang bisa membat dokter memberikan takaran terhadap pasiennya. Ini juga untuk mengetahui dosis yang harus diminum oleh pasiennya.

Dan kita sebagai pasien juga harus lebih tahu arti simbol – simbol pada obat agar kamu bisa mengetahui apa jenis obat tersebut sehingga kamu tak khawatir lagi untuk mengkonsumsinya.

Seperti yang dilansir dari Brilio.net, inilah dia 5 arti simbol – simbol yang ada pada obat. Yuk, simak ulasannya !

1. Obat bebas

1

Simbol obat bebas ini ditandai dengan lingkaran berwarna hijau dengan garis tepi berwarna hitam yang biasanya ada pada obat parasetamol untuk meredakan panas demam.

2. Obat bebas terbatas

2

Obat bebas terbatas ini ditandai dengan simbol lingkaran bewarna biru dengan garis tepi berwarna hitam yang biasanya pada obat CTM. Untuk mengkonsumsi obat ini harus diberi resep dokter agar mengetahui aturan dosis minum yang tepat.

3. Obat keras

3

Obat keras ini ditandai lingkaran berwarna merah dengan garis tepi berwarna hitam dan huruf K ditengah yang menyentuh garis tepi yang biasanya ada pada obat Asam Mefenamat. Obat keras ini tidak boleh sembarangan dikonsumsi dan harus sesuai resep dokter , sebab bila diminum tidak sesuai aturan bisa menyebabkan overdosis.

4. Obat narkotika

4

Obat narkotika ini ditandai dengan lingkaran yang didalamnya terdapat palang (+) berwarna merah yang biasanya terdapat pada Morfin dan Petidin. Obat jenis ini berasal dari turunan tanaman atau bahan kimia yang jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkanpenurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, bahkan bisa menimbulkan ketergantungan.

5. Obat Psikotropika

3

Obat Psikotropika ini ditandai dengan lingkaran berwarna merah dengan garis tepi berwarna hitam dan ditengahnya diberi tanda huruf K. Obat iniĀ  bisa memengaruhi syaraf pusat yang bisa menyebabkan perubahan yang khas pada aktivitas mental dan perilaku.

Nah, itulah dia kelima simbol yang ada pada obat.


Like it? Share with your friends!