4 Bahaya Menggunakan Lensa Kontak Yang Wajib Kamu Ketahui


Kuman-dalam-Kontak-Lensa-Bisa-Membutakan-Mata1

[ads1]Palingseru.com – Lensa kontak atau yang sering disebut softlens ini merupakan salah satu trend kecantikan yang telah di pakai banyak orang terutama kaum hawa yang ingin mengubah penampilan matanya menjadi indah. Lensa kontak yang terbuat dari plastik korektif ini dapat memberikan penampila kornea mata yang lebih indah , apalagi jika saat ini lensa kontak hadir dengan berbagai macam warna dan motif sehingga lebih bisa membuat kornea mata kamu terlihat lebih menarik.

Namun satu hal yang perlu kamu ketahui ketika menggunakan lensa kontak. Disamping bisa memberikan pesona mata yang menarik , lensa kontak juga memiliki bahaya yang wajib kamu ketahui.

Ada sejumlah bahaya mengerikan jika kamu terlalu sering menggunakan lensa kontak. Selain kondisi tangan yang tidak streil kandungan pengawet lensa kontak pun sangat berpengaruh pada kesehatan kornea mata.

Dan seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 4 bahaya menggunakan lensa kontak yang wajib kamu ketahui.

1. Isu kornea

Salah satu bahaya jika kamu menggunakan lensa kontak yakni bisa menyebabkan masalah pada isu kornea. Lensa kontak yang terbuat dari plastik korektif ini bisa mempengaruhi masalah kornea mata . Plastik korektif pada lensa kontak ini bisa menyebabkan rendahnya oksigen yang tersalur ke dalam kornea yang nantinya bisa menyebabkan goresan pada kornea, bentuk kornea yang berubah, dan bahkan infeksi karena bakteri saat penggunaan yang tidak steril.

2. Peradangan kelopak mata

Penggunaan lensa kontak juga bisa menyebabkan seseorang mengalami peradangan kelopak mata. Peradangan ini biasanya disebut dengan benjolan inflamasi yang muncul di bawah kelopak mata dan rasa yang janggal sehingga kamu akan merasa tidak nyaman saat penggunaan lensa kontak.

3. Mata kering

Penggunaan lensa kontak juga bisa menyebabkan masalah mata kering . Ini disebabkan akibat penggunaan lensa kontak dapat menyebabkan mata kekurangan cairan yang awalnya timbul gejala panas, merasa seperti kelilipan, dan mata kemerahan.

4. Reaksi alergi

Lensa kontak juga bisa menyebabkan masalah reaksi alergi. Penggunaan lensa kontak ini menyebabkan mata kemerahan sedikit gatal dan kemerahan. Hal ini biasanya terjadi ketika pemasangan lensa kontak.

Nah, itulah dia keempat bahaya penggunaan lensa kontak yang perlu kamu ketahui.

More From: Sehat