5 Orang Dengan Ingatan Paling Luar Biasa


perempuan-ini-mampu-merekam-semua-kehidupannya-di-otak-seperti-kamera-video-rev2

[ads1]Palingseru.com – Setiap manusia diciptkan dengan struktur organ tubuh yang begitu luarbiasa terutama Otak yang bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Dengan adanya otak ini manusia bisa memiliki daya ingatan yang luarbiasa bahkan pemikiran – pemikiran yang begitu luarbiasa juga. Namun setiap manusia memiliki daya pemikiran yang berbeda – beda. Ada sejumlah orang yang sangat memiliki daya ingatan paling luarbiasa mulai dari kehidupan duniawinya atau kehidupan khayalnya.

Beberapa orang yang memiliki daya ingatan luarbiasa ini sejak kecil mereka bisa mengingat banyak hal, terutama yang pernah dia alami. Bahkan mereka seolah-olah bisa merekam semua kejadian dalam otaknya dalam bentuk video.

Dan seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 orang yang memiliki ingatan paling luarbiasa.

1. Lelaki Ini Sanggup Menghafal 12 Ribu Buku

lelaki-ini-sanggup-menghafal-12-ribu-buku-rev4

Salah satu orang punya ingatan luarbiasa adalah seorang lelaki bernama Laurence Kim Peek, asal Negara Bagian Utah, Amerika Serika, ini merupakan salah satu orang yang bisa menghafal 12 ribu judul buku. Selama hidupnya Kim Peek ini mampu membaca dua halaman buku sekaligus hanya menggunakan mata kiri dan kanannya , dia juga bisa selalu mengingat informasi.

Kim Peek ini memang terlahir dengan memiliki daya ingat yang luarbiaa dan dia juga memiliki kemampuan ingatan fotografik sehingga bisa mengingat berbagai hal yang pernah dialaminya hampir 98 persen secara detail.

Namun sayangnya , Tuhan telah membatasi hidupnya , Kim Peek meninggal pada 2009 dan kisah hidupnya menjadi insipirasi pembuatan film Rain Man.

2. Punya Ingatan Hebat , Gambar Sebuah Kota dengan Akurat

punya-ingatan-hebat-seniman-ini-gambar-sebuah-kota-dengan-akurat-rev4

Seorang seniman Belanda Stefan Bleekrode ini adalah salah satu orang yang punya pemikiran luarbiasa. Stefan Bleekrode ini telah dianugerahi bakat yang sangat menakjubkan. Kehebatan Stefan ini salah satunya dia bisa menggambar sketsa kota-kota yang telah dikunjunginya dengan luar biasa rinci dan hanya dilakukan menggunakan daya ingatnya.

Stefan ini bisa membuat sebuah cityscapes dengan serangkaian sketsa dari beberapa kota yang paling terkenal di dunia, seperti London, New York dan Paris. Gambaran itu pun dia buat menggunakan tinta dan sebagian gambarnya itu melukiskan pemandangan bangunan, jalan, lampu, jembatan dan rincian lainnya. Teknik yang canggih, perspektif yang tepat, dan detail yang menakjubkan membuat setiap gambarnya terlihat seolah-olah mereka ditangkap dari sudut pandang udara.

Stefan memaparkan jika bakat seninya dengan gambar impresionis dari tempat-tempat di Prancis dan Belgia, itu secara perlahan-lahan melatih pikirannya untuk mengingat setiap detail di lokasi tertentu.

“Pada usia 10, saya ingin mengingat kembali tentang kesan saya saat berkunjung ke beberapa tempat di Prancis dan Belgia, yang saya kunjungi selama liburan musim panas,” jelasnya. “Dengan ini saya bisa melayang kembali ke tempat-tempat yang cerah dan mencari inspirasi di mana dunia ini terlihat berwarna-warni dan bersemangat untuk mengeksplorasinya. Saya terus menggambar cityscape selama saya menikmatinya atau sampai saya kehabisan ide.” Ungkapnya.

Karya – karya seni itu adalah sebuah hal yang menakjubkan dan menciptakan karya – karya indah dengan dijual antara USD 1.800 (Rp 22,8 juta) hingga USD 6.000 (Rp 76 juta).

3. Dari Usia 10 Tahun Lelaki Ini Ingat Semua Kejadian Dalam Hidupnya

dari-usia-10-tahun-lelaki-ini-ingat-semua-kejadian-dalam-hidupnya-rev4

Seorang pria bernama Joey Degrandis , 30 tahun asal New York ini adalah pria yang mampu mengingat setiap kejadian dalam hidupnya setiap hari sejak usia 10 tahun. Joey ini diakui sebagai pria yang memiliki kelainan hyperthymesia–kondisi yang membuat seseorang mampu mengingat segala detil dalam hidupnya.

Joey mengaku jika dirinya pernah menunjukan kemampuannya mengingat nama hari, tanggal dan tahun . Di juga mengaku ingatannya itu paling mudah ketika dirinya nonton TV.

“Paling mudah saya katakan, saya bisa melihat semuanya seperti menonton sebuah film. Saya bisa langung mengingat suatu kejadian–atau hari–lalu merincinya dari situ,” kata jOEY.

4. Perempuan Ini Mampu Merekam Semua Kehidupan di Otak Seperti Kamera Video

perempuan-ini-mampu-merekam-semua-kehidupannya-di-otak-seperti-kamera-video-rev2

Seorang wanita bernama Jill Price ini juga menjadi salah satu manusia dengan kemampuan mengingat yang luar biasa. Price yang merupakan warga negara Amerika Serikat ini merekam setiap kehidupannya di otak dia seperti kamera video. Bahkan ingatan yang luarbiasa ini membuat dirinya bisa mengingat nama-nama korban kecelakaan sebuah pesawat pada 1988 dan beberapa peristiwa penting lainnya. Selain itu,  Jill juga mengaku jika ada salah satu ingatan yang paling menyakitkan dalam dirinya yakni dirinya pernah ditolak cinta oleh lelaki yang di sukainya.

5. Perempuan Ini Ingat Semua Kejadian dalam Hidupnya sejak Berusia 12 Hari

perempuan-ini-ingat-semua-kejadian-dalam-hidupnya-sejak-berusia-12-hari-rev2

Seorang wanita bernama Rebecca Sharrock, 25 tahun, asal Brisbane, Australia ini juga merupakan salah satu wanita yang punya kemampuan mengingat hampir seluruh detil dalam hidupnya yang pernah dia alami. Rabecca Sharrock ini adalah perempuan yang bisa mengingat isi buku novel Harry Potter hingga kata per kata.

Rebecca Sharrock ini termasuk satu di antara 80 orang di dunia yang disebut mempunyai Ingatan Otobiografi Super (HSAM) alias hyperthymesia dimana dirinya mampu mengingat setiap detil kejadian seolah-olah hal itu baru saja terjadi. Bahkan dirinya juga mampu mengingat semua hal sejak saat itu.

“Saya ingat ibu saya Janet menaruh saya di kursi mobil dan memotret saya ketika saya masih 12 hari,” kata dia. “Itu adalah ingatan pertama saya. Sebagian saya tidak tahu kapan terjadi karena saya masih terlalu kecil untuk memahami kalender, tapi saya ingat apa yang saya lakukan ketika hari itu, bagaimana kondisi cuaca saat itu dan seterusnya.” Ungka Rebbeca.

Anehnya lagi ketika dirinya mengingat suatu kejadian itu , maka dia juga bisa merasakan emosi dari peristiwa itu juga.

“Misalnya saya ingat ketika pernah jatuh di rumah kakek saat usia saya masih tiga tahun. Lutut kiri saya saat itu terluka. Dan saat membicarakannya sekarang saya masih bisa merasakan sakitnya lutut kiri saya itu. Kalau saya mimpi buruk sewaktu kecil, saya suka mengucapkan isi buku Harry Potter dari mulai bab pertama,” kata tutup Rebecca.

Nah, itulah dia kelima orang yang punya ingatan luarbiasa.


Like it? Share with your friends!