Walaupun Dirayu Amerika, TNI AU Tetap Pilih Sukhoi Su-35 Ternyata ini 5 Alasannya


pesawat-tempur

[ads1]Palingseru.com – Pemerintah Indonesia terus membeli peralatan tempur terbaru untuk memperkuat TNI nah salah satunya adalah pembelian pesawat tempur agar TNI AU Tetap kuat ketika bertempur du Udara, pemerintah berencana akan membeli pesawat tempur canggih bauatan Rusia Sukhoi Su-35 nah ternyata kabar pembelian pesawat ini terdengar oleh amerika, dan negara ini mulai melakukan lobi lobi ke Indonesia agar mau membeli pesawat tempur buatan amerika yakni F-16 Viper yang sangat canggih .

Namun rayuan rayuan Amerikake Indonesia tidak mempan TNI AU Ternyata tetap tertarik untuk membeli pesawat tempur buatan Rusia Sukhoi Su-35 dibadingkan dengan F-16 Viper tentunya bukan tanpa alasannya kenapa tni tetap ingin membeli Sukhoi Su-35 ini, nah berikut beberapa alasannya.

1. Tidak masuk dalam perancanaan pembelian.

TNI Tidak pernah ingin membeli pesawat f-16 dan hanya merencanakan pembelian pesawat Sukhoi Su-35 milik rusia, karena alasan tidak dalam Plan atau perencanaan TNI AU jadi gak berniat untuk membeli F-16 Amerika.

2. Sudah Punya SU 29 dan SU 30

Indonesia sebelumnya sudah memiliki pesawat tempur buatan Rusia sejenis yakni SU 29 dan SU 30 tentunya dengan ada versi terbaru dari pesawat tempur Sukhoi membuat TNI jadi lebih mudah dalam mengoprasikan, pesawat dan juga suku cadang.

3 Sukhoi Su-35 punya kelebihan.

Sukhoi memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan jet tempur buatan negara-negara lainnya. Salah satunya adalah sistem persenjataan yang terpasang pada Sukhoi.

4. Perawatan Jadi Lebih Mudah

Pembelian Su-35 tersebut membuat perawatan terhadap jet tempur lainnya relatif lebih mudah. Sebab, pengadaan suku cadang dan cara merawatnya dinilainya tidak jauh berbeda. Lain halnya jika indonesia harus membeli Pesawat tempur f-16 milik amerika.

5. Harganya Lebih Murah

Salah satu yang mungkin jadi pertimbangan adalah soal harga, Sukhoi SU-35 yang memiliki julukan ‘pembunuh di angkasa’ ini dihargai Rp 844 miliar. Harga yang tidak murah itu tidak seberapa bila dibandingkan F-16 sekitar Rp 2 triliun.


Like it? Share with your friends!