9 Penyebab Umum Keguguran Cewek Cewek Wajib Tahu Nih


fgh

Palingseru.com – Pasangan mana sih yang mau melihat istrinya keguguran. Semua orang pasti menginginkan anak yang dikandungannya bisa lahir dengan sehat.

Tapi masalahnya, ada hambatan untuk hal itu yaitu keguguran. Keguguran bisa dialami oleh siapa saja di dunia ini. Namun, yang pastinya ada beberapa penyebab sehingga ibu hamil mengalami keguguran.

Penyebabnya ada banyak, salah satunya adalah obesitas yaitu kegemukan. Selain obesitas ada lagi penyebab dari keguguran seperti dibawah ini.

Mau tau apa saja ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir  Liputan6.com.

1. Kelainan genetik atau kromosom

Penyebab pertama dari keguguran adalah kelainan  genetik atau kromosom. Saat kamu mengalami keguguran  tanpa alasan jelas sebaiknya kamu periksakan ke dokter kandungan untuk mengetahui penyebab pastinya . Bisa jadi disebabkan karena kelainan genetik seperti sindrom Down, cystic fibrosis, atau sindrom Turner.

2. Fragmentasi DNA Sperma

Penyebab selanjutnya adalah fregmentasi DNA sperma. Hal ini terjadi ketika sperma rusak dan tidak bisa  mengirimkan DNA untuk telur.

Biasanya penyebab ini seringkali dialami oleh laki-laki yang memiliki kualitas sperma buruk atau tidak sehat. merokok, penggunaan antidepresan, paparan panas, kemoterapi atau radiasi, varikokel, pembesaran pembuluh darah di skrotum, atau bahkan demam, akan mudah terjadi fragmentasi DNA sperma.

3. Hormon

Hormon juga dapat menjadi penyebab keguguran. Kadar progesteron yang rendah  dapat menyebabkan masalah dengan implantasi. Hal inilah yang dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil.

4. Obesitas

Obesitas yang terjadi sebelum pada kehamilan dapat mengakibatkan keguguran loh. Kemungkinan ini akan terjadi pada 1 dari 4 wanita yang hamil.

5. Pembawa translokasi seimbang

Keguguran juga bisa disebabkan oleh pembawa translokasi seimbang yang terjadi ketika salah satu orangtua  memiliki gen yang salah tempat. Kamu bisa melakukan tes darah bersama pasangan untuk mengetahui apakah kamu membawa translokasi seimbang atau tidak.

6. Kelainan uterus

Selanjutnya kelainan uterus atau rahim seperti septum bisa menyebabkan keguguran loh. Septum sendiri merupakan jaringan tambahan pada rahim yang memiliki suplai darah yang berbeda. Jika embrio tumbuh di dalam septum, maka keguguran sangat besar terjadi.

7. Sindrom antifosfolipid

Sindrom Antifosfolipid dapat menyebabkan darah menggumpal dan mengganggu implantasi dan pertumbuhan embrio. Hal inilah yang menjadi penyebab keguguran pada ibu hamil. Yang lebih parahnya banyak wanita yang tidak mengetahui jika mereka memiliki sindrom antifosfolipid ini.

8. Obat-obatan dan racun

Alkohol dan obat-obatan terlarang seperti narkoba, sabu dan sebagainya bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Bahan kimia beracun pada makanan juga bisa menyebakan keguguran loh.

9. Infeksi

Rahim juga bisa mengalami infeksi. Infeksi Mycoplasma  biasanya terjadi pada lapisan rahim yang dapat menyebabkan keguguran.

Nah, itulah dia ke sembilan penyebab keguguran pada wanita hamil.

 

More From: Sehat