Hewan-Hewan Malang Ini Jadi Korban dari Kebakaran Hutan di Kalimantan


hewan-hewan-malang-ini-jadi-korban-kebakaran-hutan-kalimantan

Palingseru.com – Kebakaran hutan di Kalimantan Barat belum juga kunjung padam hingga saat ini. Tidak hanya merusak lingkungan dan mencemarkan udara, kebakaran ini juga menyebabkan beberapa hewam liar di hutan menjadi korban.

Salah bayi orangutan yang ada di Kecamatan Seponti Jaya, Kalimantan Barat. Bayi orangutan ini terjebak dalam kobaran api dan kemudian terbakar oleh api. Hampir seluruh badanya terbakar api, tapi untunglah warga berhasil menyelamatkannya dan membawanya langsung untuk ditangan tim medis.

“Kami terima dan langsung di bawah penanganan tenaga medis, dan langsung dibawa untuk dilakukan tindakan medis yang diperlukan,” kata kepala BKSDA Ketapang Junaidi, seperti dilansir Merdeka.com.

Saat ditemukan bayi orangutan ini belum memiliki nama sehingga diberi nama sesuai dengan asal usulnya yaitu Seponti. Junaidi mengatakan akan menyerahkan orangutan ini ke pihak yang berwenang saat sudah sembuh dan bisa kembali ke hutan.

Bayi orangutan ini diperkirakan berusia 6 sampai 8 bulan, dan sudah sangat lama terpisah dengan induknya yang lebih dulu menyelamatkan diri setelah terjadi kebakaran.

Tenaga honor di TNGP Seksi Sukadana, Musdi Zariansyah mengatakan, sebelum diserahkan orangutan itu sempat dipelihara oleh warga yang tak mau disebutkan namanya beberapa hari.

“Warga yang menyerahkan tidak mau namanya disebutkan, karena ia merasa takut jika sewaktu-waktu dirinya dipersalahkan lantaran sempat memelihara orangutan walau hanya beberapa hari,” kata Musdi.

20151020203001-1-ular-terpanggang-001-dru

Sedangkan di Kalimantan Tengah seekor ular piton (sawa) mati terpanggang lantaran berusaha melindungi telur-telurnya dari panasnya api yang membakar area hutan di Desa Anjir, Kecamatan Pulang Pisau. Saat ditemukan telur-telur ular piton tersebut sudah rusak terpanggang api.

Ular ini ditemukan oleh seorang anggota Brimob Polda Kalimantan Selatan, Bripda Muhammad Zainuddin. Dia melihat ular tersebut mati dalam keadaan melingkari telurnya seperti sedang melindungi telurnya. Ular piton ini pun kemudian dikuburkan di sekitar lokasi.

 

 

More From: Berita Menarik