6 Kotoran Hewan ini Laris Manis Jadi Makanan Manusia, Apa Kamu Pernah Mencobanya?


palingseru.com – Apakah anda pernah makan atau minum dari kotoran hewan? Jijik bukan jika kalian mendengarnya. Tetapi jika manfaat dan kegunaanya nya besar untuk kesehatan ataupun mengobati penyakit, beberapa orang mau memakannya atau diolah menjadi minuman.

Seperti yang dikutip brilio.net dari berbagai sumber tentang beberapa kotoran hewan yang sekarang malah jadi makanan ataupun minuman favorit yang laris di dunia, Jumat (24/4):

  1. Burung Walet

walet

Mengkonsumsi sarang burung walet yang sudah dikenal sejak abad ke-14 ini ternyata sekarang menjadi sangat terkenal. Sarang burung walet ini banyak ditemukan di restoran China terutama dihidangkan dalam bentuk sup atau yang dikenal dengan nama (birdnest soup).

Harga sarang burung walet ini cukup mahal sebab di China sarang burung walet biasa di makan oleh para raja dan bangsawan. Selain itu, sarang burung walet ini juga bermanfaat untuk kesehatan dan sangat bagus.

  1. Semut Madu

semut

Selain lebah yang kita kenal bisa menghasilkan madu ternyata semut juga bias menghasilkan madu. Semut madu di hasilkan oleh semut pekerja, semut-semut ini diberi makanan melalui pembuangan pencernaan Aphid (Serangga Daun) yang disebut madu.

Jenis semut ini banyak ditemukan di Australia, suku Aborigin sering menggali tanah untuk mencari madu dari semut tersebut. Zat yang terkandung pada semut ini bukanlah seperti madu biasa.

  1. Luwak atau Musang

luwak

Hewan yang satu ini sangat suka memakan kopi, karena kopi yang sangat keras maka hanya kulitnya saja yang dapat dicerna oleh hewan tersebut tetapi bijinya tetap utuh.

Dari kotoran hewan inilah yang dikenal dengan kopi luwak dan harganya mahal. Dan penikmat kopi ini sangat banyak, bahkan dari para nenek moyang kita.

  1. Panda (teh organik kotoran panda)

panda

Di China Panda bagi rakyat adalah hewan yang sangat pembawa berkah. Kotoran panda ini sangat menyuburkan tanah dan aman bila digunakan. Karena, panda ini hanya memakan bambu liar dan menyerap hanya sebagian kecil dari nutrisi makanan tersebut. Seperti mesin yang berputar yang dikeluarkan adalah pupuk organik yang bermutu.

An Yanshi seorang pengusaha di barat daya China bertani teh di Yaan yang bertempat di Pegunungan Provinsi Sichuan ini menggunakan ber ton-ton kotoran panda yang hidup di dekat pusat penangkarannya. Produk yang dihargai USD 200 atau seharga 2,3 juta per cangkirnya yang disebut sebagai “the organik kotoran panda” banyak diburu orang-orang.

  1. Kopi Gajah

gajah

Blake Dinkin adalah penemu kopi ini, dia mengatakan bahwa untuk menghasilkan 1kg kopi membutuhkan 33 kg kopi karena pencernaan yang sangat kuat sehingga kopi tersebut banyak yang hancur. Harga perkilonya dibanderol Rp 10 juta.

  1. Urine Sapi

kotoran-hewan-laris-jadi-makanan-dan-minuman

Rashtriya Swayamsevak Sangh (RSS), salah satu kelompok budaya Hindu terkenal di India pernah mencoba mengembangkan penemuan tersebut. Mereka melakukan riset di Haridwar, kota suci yang terletak di kawasan Sungai Gangga. Dan mendapatkan hasil sebuah minuman kesehatan alternative yang berasa seperti minuman ringan lainnya.

Bahkan masyarakat setempat sudah mengkonsumsi keduanya selama bertahun-tahun. Tetapi mereka tidak memakan atau meminumnya secara bulat-bulat. Namun, dengan cara mencampurkannya ke dalam minuman agar menambah kesehatan bagi mereka. Sudah di beberapa bagian India kotoran dan urine sapi dijual di toko-toko yang bersanding dengan produk susu dan yogurt. Apakah kamu berminat mengkonsumsinya seperti mereka?

More From: Menarik