7 Alasan Kenapa Manusia Tidak Akan Bisa Hidup di Planet Mars


 

mrs

[ads1]Palingseru.com – Pernahkah kamu bertanya – tanya kenapa manusia hanya bisa bertahan hidup di Bumi dan tidak diplanet lainnya ? Ya mungkin ada yang menjawab jika planet lainnya tidak memiliki tanda – tanda kehidupan. Namun sebelumnya dikatakan jika planet mars adalah planet yang juga punya tanda – tanda kehidupan seperti bumi . Namun kenapa dikatakan manusia tidak akan bisa hidup di planet mars padahal sejumlah astronot pernah mengirim sejumlah hewan dan hewan itu bisa hidup di planet mars ?

Ada sejumlah alasan kenapa tidak akan bisa hidup di planet mars. Seperti yang kita ketahui jika planet Mars menjadi nama planet prioritas utama dari beberapa planet yang tengah diteliti oleh NASA. Bahkan Badan Antariksa Amerika  pernah menemukan kandungan air yang terdapat di dalam permukaan Planet Merah.
Sampai saat ini NASA masih  berusaha mencari titik terang apakah planet yang memiliki bulan Phobos dan Deimos ini akan bisa dihuni umat manusia di masa mendatang.

Sejumlah kalangan peneliti optimistis bahwa manusia bisa tinggal di Mars pada nantinya. Dan satu pertanyaan besar yang saat ini masih ada di benak para peneliti

“apakah memang nantinya Mars bisa menjadi tempat yang layak ditinggali manusia untuk menggantikan Bumi?

Sebagian peneliti mengungkap bahwa kemungkinan manusia untuk tinggal di Mars masih sangat minim. Dan sejumlah alasan kenapa manusia tidak akan bisa hidup di planet mars , seperti yang dilansir dari Liputan6.com, inilah dia diantaranya :

1. Radiasi

Salah satu alasan kenapa manusia tidak bisa tinggal di planet Mars karena planet ini memiliki kandungan radiasi yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. peneliti NASA menjelaskan jika planet Mars memiliki tingkatan radiasi yang tinggi di antaranya ada Solar Energetic Particles (SEPs) dan Galactic Cosmic Rays (GCRs). Keduanya bisa membombardir manusia jika tidak disokong alat antiradiasi yang memadai ketika berada di Mars. Bahkan  sekitar 180 hari planet mars akan mengalami peningkatan radiasi sebanyak 15 kali.

2. Temperatur

Sejumlah alasan kenapa manusia tidak bisa hidup di planet mars ini dikarenakan di planet mars memiliki temperatur yang sangat tinggi yakni berada di suhu sekitar -81 derajat Fahrenheit (-63 derajat Celsius)  dan berbeda di Bumi adalah sekitar 57 derajat Fahrenheit (14 derajat Celsius). Dengan temperatur yang tinggi itu sangat tidak mungkin membuat manusia bisa bertahan tanpa adanya bantuan alat canggih.

3. Atmosfer

Planet mars memiliki lapisan atmosfer Bumi 100 kali lebih padat yang terbuat dari  78 persen nitrogen, 21 persen oksigen dan 1 persen kumpulan gas dengan kandungan karbondioksida sebanyak 96 persen yang mana sangat beracun bagi manusia. Bahkan sisa lapisan atmosfer memiliki kandungan kumpulan gas argon, nitrogen, dan gas berbahaya lainnya yang pastinya tidak bisa menjamin kehidupan manusia.

4. Gravitasi

Tingkat gravitasi di Mars diketahui sebesar 38 persen sehingga masih bisa memungkinkan bagi para manusia untuk dapat berjalan di Mars. Namun salah satu kendalanya manusia tidak akan bisa bergerak dengan leluasa karena terbatas oleh tingkatan gravitasi Planet Merah. Bahkan kondisi gravitasi `One-G` yang mana mampu menggerakan skeletal, muscular, cardiovascular-nya dengan baik.

5. Space Germs (Bakteri Planet)

Alasan kenapa manusia tidak bisa hidup di planet mars ini karena perbedaan ekosistem. Di planet mars ini hanya terdapat space germs (bakteri planet) yang ‘hidup’ di udara dan ini menjadi salah satu persoalan penting. Jika manusia hidup disini maka akan lebih mudah terserang bakteri space germs yang berujung pada kematian.

6. Infrastruktur

Planet mars memiliki tingkat infrastruktur yang jauh lebih beda dibandingkan bumi. Mars memiliki kelembapan suhu yang masih sulit dikontrol sehingga sulit jika ada kehidupan manusia di planet ini.

7. Kondisi Mental

Perjalanan ke mars ini tidaklah cepat , membutuhkan waktu sekitar delapan bulan perjalanan untuk menuju ke Mars. Lamanya waktu perjalanan ini akan membuat kondisi mental manusia terganggu. Bahkan mental para astronot sekalipun harus dilatih agar tahan banting ketika berada di luar angkasa.

Nah, itulah dia ketujuh alasan kenapa manusia tidak bisa hidup di planet Mars.

 

More From: Sains