4 Hal Penting Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Smartphone Hilang


index

[ads1]Palingseru.com – Smartphone saat ini bisa menjadi sebuah kebutuhan pokok bahkan mayoritas orang saat ini sudah memiliki smartphone. Bahkan ketika smartphone hilang , mereka akan lebih panik karena smartphone yang dimilikinya dianggap sangat penting. Manusia seringkali memiliki sifat teledor hingga membuat smartphone nya pun hilang tanpa sadar.

Akan tetapi, ada sejumlah hal penting yang bisa kamu lakukan ketika smartphone hilang. Beberapa hal penting ini bisa lebih membantu kamu mendeteksi keberadaan smartphone yang hilang .

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 4 hal yang penting bisa kamu lakukan ketika smartphone hilang. Yuk, simak bersama !

1. Catat Beberapa Hal Penting

Bagi kamu yang memiliki smartphone sebaiknya harus lebih dulu mencatat beberapa hal penting terkait tipe smartphone , kode seri dan hal lainnya yang berguna untuk menemukan perangkat jika hilang atau dicuri orang. Beberapa hal penting yang bisa kamu lakukan ketika smartphone hilang diantaranya :

  • Mobile Station International Equipment Identity (IMEI)
  • Mobile Equipment Identifier (MEID)
  • Serial Number (biasanya terdapat pada kemasan)

Mencatat hal – hal tersebut juga sangat penting untuk mengonfigurasi setiap layanan back up. Walaupun membutuhkan waktu lama untuk mendaftarkan akun, mengatur, dan melakukan sinkronisasi awal, namun hal ini pasti terasa berguna di kemudian hari.

2. Siapkan Keamanan Smartphone

Salah satu cara yang perlu kamu lakukan untuk antisipasi smartphone jika sewaktu – waktu hilang yakni dengan menyiapkan keamanan smarphone dengan cara menggunakan password layar, mengatur waktu layar kunci smartphone ketika tidak digunakan, biasanya 5 hingga 10 detik.

Hal ini berguna ketika Anda mencoba untuk mengakses smartphone yang masih terkunci, karena pencuri tidak bisa melakukannya tanpa melakukan reset pabrik. Sehingga, ketika di reset pabrik, data tidak akan hilang dan tidak disalahgunakan oleh orang lain. Selain itu, kamu juga perlu mengaktifkan enkripsi untuk smartphone dan memeriksa pengaturan enkripsi bahwa penyimpanan ekternal juga bisa dihubungkan ke smartphone, apa lagi jika kamu menggunakan Android. Jika menggunakan iOS, pilihan sudah dikonfigurasikan secara otomatis sebelumnya, asalkan Anda mempunyai fitur passcode yang diaktifkan.

3. Konfigurasi Akses Remote

Salah satu hal yang perlu kamu lakukan untuk antisipasi smartphone yang hilang juga bisa dengan melakukan konfigurasi yang bertujuan untukĀ melacak keberadaan smartphone melalui lokasi. Bagi kamu pemiliki android dapat mengkofigurasiĀ  dengan layanan Android Device Manager, sedangkan iOS memiliki iColud dan fitur Find My iPhone.

4. Menghubungi Operator Seluler dan Non aktif Layanan

Salah satu cara jika kamu ingin mengetahui dimana smartphone kamu yag hilang juga bisa dengan menghubungi operator seluler dan menonaaktifkan layanan yang nantinya bisa mencegah orang lain menggunakan smartphone kamu untuk menambah pembelian atau biaya tambahan dan bisa juga mengakses voicemail.

Nah, itulah dia keempat hal yang penting dan bisa kamu lakukan ketika smartphone hilang.

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Tekno