6 Bahaya Tersembunyi Pil KB yang Mungkin Tidak Pernah Kamu Ketahui


terlihat-aman-pil-kb-malah-simpan-6-bahaya-ini

Palingseru.com – Ada banyak alat kontrasepsi yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Diantaranya adalah kondom, pil KB, suntik KB, hingga KB spiral. Semua alat kontrasepsi tersebut diciptakan untuk mencegah kehamilan.

Alat kontrasepsi ini bermanfaat untuk keluarga yang ingin kelahiran secara teratur, menunda kehamilan, atau mencegah kehamilan itu sendiri.

Pil KB sebagai alat kontrasepsi yang paling banyak digunakan. Namun, tanda disadari memiliki banyak bahaya yang tersembunyi didalamnya.

Nah, berikut ini ada enam bahaya yang tersembunyi dalam pil KB yang harus kamu ketahui. Seperti dilansir Merdeka.com, inilah dia ulasannya.

1. Masalah menstruasi

Menggunakan pil KB memiliki bahaya yang sangat serius yaitu masalah menstruasi. Saat menggunakan pil KB maka wanita itu akan mengalami menstruasi yang tidak teratur serta kram perutĀ  yang berkepa**angan.

2. Perforasi

Perforasi memiliki efek samping pada saat pemasangan alat kontrasepsi ini. Biasanya akan terjadi pendarahan di dalam rahim saat memasangnya.

3. Masalah hormonal

Menggunakan KB spiral dapat menyebabkan beberapa masalah seperti sering merasa mual, perubahan suasana hati, sakit kepala, jerawat, dan nyeri payudara. Efek samping ini akan hilang setelah beberapa bulan.

4. Kista ovarium

KB Spiral juga memiliki efek samping berupa kista ovarium jika pemasangannya pada saat setelah melahirkan. Kamu harus hati-hati dengan pemasangan KB spiral.

5. Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul juga bisa disebabkan oleh pemasangan KB spiral. Sebab, KB spiral dianggap sebagai benda asingĀ  yang bisa menyebabkan iritasi seperti penyakit radang panggul ini.

6. Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik adalah kehamilan diluar kandungan. Hal ini terjadi karena pemasanga alat kontrasepsi ini. Jika sudah terjadi kehamilan ektopik, maka kandungan ini harus dikeluarkan.

Nah, itulah ke enam bahaya yang bisa didapatkan dari pemakaian alat kontrasepsi.

 


Like it? Share with your friends!