Remaja Muda ini Merupakan Relawan Muda Musuh Kebakaran Hutan Yang Serba Bisa


daniel-relawan-muda-musuh-kebakaran-hutan-yang-serba-bisa

Palingseru.com – Seorang remaja tamatan SMP yang bernama Daniel (15) menjadi seorang relawan mudah yang merupakan mush kebakaran yang serba bisa.

Meskipun seragam petugas kebakaran belum pas pada tubuhnya yang masih kecil, tapi Daniel terlihat lincah membantu memadamkan kobaran api.

Seperti dilansir Merdeka.com, Daniel adalah relawan termuda dalam kelompok Jumpun Pambelom. Yaitu kelompok  relawan yang bersedia memadamkan api di lahan konservasi hutan gambut di Desa Tumbang Nusa, Kecamatan Palangaka Raya, Kalimantan Tengah.

Daniel sering juga membantu ayahnya yang bernama Gunawan (60) dan kakaknya (Hendra) yang juga merupakan anggota Jumpun Pambelom memadamkan api.

“Saya banyak diajari bapak untuk padamkan api. Saya ikut jadi relawan biar asap cepat menghilang dari Kalimantan,” ujar Daniel

Sejak lulus SMP Daniel sudah mulai mengikuti ayahnya dan bertugas untuk mengemudiakan sepeda motor dan membawa selang air dan mesin sedot air, penggali sumur bor dan tentunya ikut memadamkan api.

Daniel adalah relawan yang serba bisa, memadamkan api dan juga lincah memanjat pohon. Ia pun pernah diminta untuk memanjat pohon hingga ke ujung. Ia juga yang menyelamatkan orangutan yang terkena tembakan bius petugas guna dievakuasi ke tempat yang lebih baik.

Namun, sayangnya Daniel tak kepikiran untuk melanjutkan sekolahnya ke jenjang SMA karena masalah ekonomi. Ia juga tak memaksa orangtuanya untuk membiayai hidupnya.

Tapi, Daniel bersikeras untuk mengikut pelatihan agar bisa menjadi relawan yang handal, lebih lincah dan serba bisa.

 

More From: Berita Menarik