Rugi Besar Jika Kamu Tidak Mau Makan Ikan Lele. Ini Penjelasannya


ikan-lele_20151005_110629

palingseru.com – Di Indonesia, terdapat ikan yang banyak digemari masyarakat yaitu ikan lele. Selain enak, ternyata ikan ini juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satu olahan ikan lele yang terkenal di Indonesia adalah pecel lele. Ikan yang digoreng atau dibakar yang dilengkapi sambal dan lalapan inilah yang membuat masyarakat sangat suka mencicipinya.

Dilansir laman alodokter.com, ikan yang dikenal sebagai catfish merupakan ikan yang baik untuk dikonsumsi, ikan jenis ini juga salah satu yang banyak dibudi dayakan.

Selain di Asia, ternyata ikan ini juga banyak dikonsumsi oleh Negara luar seperti Eropa, Afrika, dan Amerika Timur.

Jika kita mengkonsumsi 100 gram ikan lele, maka terdapat energi sebesar 229 kilokalori. dari porsi tersebut mengandung protein sekitar 18 gram, karbohidrat 8 gram, serat 0,7 gram dan lemak sebesar 13 gram.

Tak hanya itu saja, ikan lele ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin D bahkan kalsium, magnesium, kalium, fosfor, natrium, dan zinc.

Dengan mengkonsumsi asam lemak ini mampu mengurangi risiko tingkat tekanan darah, peradangan seperti rheumatoid artritis, menjaga kesehatan mental, bahkan mengurangi risiko kanker jenis tertentu.

Meskipun ikan mengandung protein yang baik untuk jantung, tetapi juga harus berhati-hati dalam menyajikan ikan terutama pada bayi, anak-anak, dan wanita hamil. Ada baiknya memilih ikan yang paling sedikit mengandung merkuri, baik dari lingkungan maupun industri.

Karena merkuri sendiri bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, seperti penyakit kardiovaskular, gangguan perkembangan pada anak, bahkan bisa menyebabkan hilang ingatan pada orang dewasa.

Dalam mengkonsumsi ikan lele ini hanya dianjurkan minimal dua kali dalam seminggu.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat yang lebih dari ikan lele ini, sebaiknya tidak menggoreng melainkan dibakar atau dipanggang. Karena dengan mengolah cara yang sehat maka akan mendapatkan gizi yang lebih baik.

More From: Sehat